Anak-anak Ternyata Bisa Stres Juga Lho, Kenali Yuk Ciri-ciri Anak Alami Tekanan Psikologis

Psikolog klinis keluarga, Monica Sulistiawati menyebutkan ada beberapa ciri-ciri untuk mengenali anak yang mengalami stres.

Anak-anak Ternyata Bisa Stres Juga Lho, Kenali Yuk Ciri-ciri Anak Alami Tekanan Psikologis
sophie's world
Ilustrasi anak tertekan 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA Stres tidak hanya menyerang orang dewasa, tapi bisa juga bisa terjadi pada usia anak-anak bahkan bayi.

Psikolog klinis keluarga, Monica Sulistiawati menyebutkan ada beberapa ciri-ciri untuk mengenali anak yang mengalami stres.

Pertama misalnya anak yang biasa ceria menjadi lebih sering menangis, kemudian anak jadi sulit diatur.

Ciri-cirinya memang lebih banyak ke arah yang negatif jadi sangat diperlukan kepekaan orangtua dari para orangtua mengamati perubahan tersebut.

“Anak yang tadinya ceria jadi sering nangis, yang tadinya mudah diatur jadi pemarah, sering teriak-teriak. Sifatnya mengarah negarif pada si anak, kalau negatif pasti ada sumbernya,” kata Monica kepada Tribunnews.com saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2019).

Jika sudah melihat perubahan tersebut, dan sudah mengetahui alasan kenapa si anak stres orangtua harus mulai mengubah pendekatan kepada anak.

Misalnya anak stres karena tekanan harus mendapatkan nilai pelajaran tertentu di sekolah, orangtua disarankan untuk menurunkan standarnya.

“Paling utama ubah pendekatan misalnya anak stres karena sekolah, sekolah yang mana nih karena pelajaran atau kalau gak dapat nilai tertentu cari tahu tuh spesifiknya ubah misalnya ekspektasinya diturunin,” ungkap Monica.

Kemudian orangtua juga disarankan untuk lebih menunjukan rasa kasih sayang kepada anak, dan jangan memarahi anak ketika dalam posisi tersebut karena akan semakin mengoyak hati si anak.

“Dari orangtua timbal balik dengan kasih sayang positif, jangan anak lagi stres malah dimarahin, tapi dimengerti,” papar Monica.

“Misalnya ajak ngobrol anak ‘mamah perhatiin kok sering menangis ya cerita dong’ butuh waktu tapi kalau kita pendekatan ke anak-anak mereka pasti bisa terbuka,” pungkas Monica.(Apfia Tioconny Billy/Tribunnews.com)

Editor: Ravianto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved