Menteri Sosial Sebut Hoaks Bisa Menyebabkan Masalah Sosial

Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan beredarnya kabar bohong atau hoaks di media sosial

Menteri Sosial Sebut Hoaks Bisa Menyebabkan Masalah Sosial
Tribunjabar/Syarif Abdussalam
Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita di sela pertemuan kader pilar sosial di Trans Luxury Hotel di Kota Bandung, Rabu (13/2). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan beredarnya kabar bohong atau hoaks di media sosial atau kehidupan masyarakat mengakibatkan munculnya penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Agus mengatakan selain meresahkan masyarakat, hoaks atau berita fitnah akan menyerang kondisi sosial orang yang menjadi subyek berita tersebut. Karenanya, pemerintah bersama perangkatnya dan juga masyarakat harus terus mencegah peredaran hoaks.

"Kementerian Sosial memiliki kepedulian terhadap hoaks karena jika tidak dikendalikan, cepat lambat akan mengakibatkan munculnya PMKS. Tatanan sosial bisa terganggu hoaks," kata Agus di sela pertemuan kader pilar sosial di Trans Luxury Hotel di Kota Bandung, Rabu (13/2/2019).

Agus mengatakan hoaks bisa menganggu tatanan atau kondisi sosial masyarakat, terlebih jika tidak diperangi oleh masyarakat. Hoaks bahkan akan mencabik-cabik kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kami percaya bahwa kalau tidak kita perangi, cepat atau lambat bisa mencabik-cabik kehidupan berbangsa dan bernegara yang akhirnya bisa mengganggu NKRI," katanya.

Kabupaten Tasikmalaya Butuh 9.697.449 Lembar Surat Suara, Sekarang Baru 433.949 Lembar

Agus mengatakan pihaknya pun memberikan apresiasi kepada para kader Pilar Sosial di Provinsi Jawa Barat yang telah berinisiatif membantu memerangi hoaks dengan berbagai cara di tengah masyarakat.

"Harapan kami juga bahwa untuk teman-teman Pilar Sosial bahwa mereka jangan hanya mengucapkan deklarasi atau ikrar di gedung yang indah ini, tapi juga turut aktif di lapangan di masyarakat membantu masyarakat untuk memilah mana berita yang benar mana berita hoaks," ucapnya.

Khofifah Indar Parawansa, Anak Peternak Sapi, Pernah Jualan Es, Cita-citanya Ingin Masuk Kabah

Menurut Agus, para relawan Pilar Sosial yang menyebar sampai ke tingkat kecamatan ini harus memiliki kemampuan dan pengetahuan lebih luas dibandingkan masyarakat awam untuk memerangi hoaks. 

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved