Awal Pekan, Banjir dan Longsor Kepung Ciamis Dua Rumah Disambar Petir

Setidaknya 52 rumah terancam, 4 rumah warga ambruk karena longsor dan 2 rumah tersambar petir.

Awal Pekan, Banjir dan Longsor Kepung Ciamis Dua Rumah Disambar Petir
Tribun Jabar/Andri M Dani
Rumah yang dihuni Rahmat (56) sekeluarga di Blok Cileungsing, RT 4/3, Dusun Gunungsari, Desa Panyingkiran, Ciamis, porak poranda diterjang longsor tebing setinggi 75 meter saat hujan lebat Senin (11/2/2019) sore pukul 17.00. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Seperti hari-hari sebelumnya, Senin (11/2) sore lalu Ciamis kembali diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan sambaran petir sampai malam.

Hujan yang melanda Ciamis Senin (11/2) sore hingga malam tersebut telah menyebabkan terjadi longsor setidaknya di 10 lokasi, banjir di 3 lokasi dan sambaran petir di 2 lokasi.

Setidaknya 52 rumah terancam, 4 rumah warga ambruk karena longsor dan 2 rumah tersambar petir.

Tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut.

“Itu baru lokasi-lokasi yang sudah dicek dan diassesment tim Satgas Pusdalops BPBD Ciamis. Kami masih menunggu laporan dari desa-desa yang kemungkinan terjadi longsor, banjir atau bencana lainnya,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ani Supiani Selasa (12/2) kemarin.

Kejadian terparah katanya di Kecamatan Panawangan, terutama di Desa Panawangan.

Di Desa Panawangan ada 41 rumah yang terancam dan satu rumah warga ambruk  berikut 2 SD yang terancam yakni SDN 2 Panawangan dan SDN 4 Panawangan.   

Lokasi longsor dan gerakan tanah di Desa Panawangan ini terjadi di empat dusun.  

Yakni di Dusun Cibogo 16 rumah terancam, Dusun Salam 9 rumah terancam, Lebak Jero 5 rumah terancam dan di Dusun Sudimara 11 rumah terancam serta 1 rumah warga ambruk yakni milik Eman.

Masih di Kecamatan Panawangan yakni di Desa Jagabaya Rt 01 RW 04, longsor menimbun saluran irigasi Jagabaya dan mengancam 3 rumah warga dan 1 rumah warga ambruk. Berikut di Desa Cinyasag 1 rumah tertimpa pohon tumbang.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved