50 Persen Minimarket di Kota Cimahi Disebut Sudah Mengakomodir Produk Lokal

Sebanyak 50 persen minimarket yang ada di Kota Cimahi hingga saat ini disebut sudah mengakomodir produk lokal asal Kota Cimahi untuk dipasarkan

50 Persen Minimarket di Kota Cimahi Disebut Sudah Mengakomodir Produk Lokal
Tribun Jabar/ Siti Masithoh
Ilustrasi minimarket 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Sebanyak 50 persen minimarket yang ada di Kota Cimahi hingga saat ini disebut sudah mengakomodir produk lokal asal Kota Cimahi untuk dipasarkan.

Hingga akhir tahun 2018, jumlah minimarket di Kota Cimahi sendiri jumlahnya mencapai 110 unit, namun minimarket yang sudah mengantongi izin hanya 75 unit, sedangkan sisanya yang 35 unit belum mengantongi izin.

Kepala Bidang Perdagangan, Disdagkoperin Kota Cimahi, Siti Rosida, mengatakan, toko modern itu memang sudah seharusnya menyediakan tempat atau memasarkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal.

Hal tersebut karena aturannya sudah tercantum dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perlindungan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

"Saya lihat sudah diatas 50 persen minimarket yang mengakomodir produk lokal karena memang diharuskan, minimal menjual prodak UKM Cimahi," ujarnya saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Rabu (13/2/2019).

Ia mengatakan, ketersediaan lapak untuk memasarkan produk lokal Kota Cimahi di minimarket itu merupakan salah satu syarat untuk mengeluarkan rekomendasi izin usaha.

Miljan Radovic Siapkan Pemain Lain untuk Gantikan King Eze Saat Persib Bandung vs Arema FC

"Selain tentunya ketersediaan barang dagangannya secara keseluruhan apakah sesuai standar atau tidak. Kita hanya memberikan rekomendasi. Kita melihat apakah di toko tersedia ruang UKM atau tidak," ujarnya.

Saat disinggung terkait jumlah minimarket yang sudah tak seimbang dengan jumlah penduduk Kota Cimahi, ia mengatakan, jumlah minimarket saat ini sudah melebihi kuota apabila dibandingkan dengan jumlah penduduk Kota Cimahi yang mencapai 600 ribu jiwa.

Menteri Sosial Sebut Hoaks Bisa Menyebabkan Masalah Sosial

"Sehingga keberadaan minimarket itu hingga saat ini kurang merata. Contoh wilayah Cimahi Selatan masih kurang. Tapi yang paling banyak ada di Cimahi Tengah dan Cimahi Utara," kata Siti.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved