3 TKW Asal Cianjur yang Tersandung Masalah Dipulangkan, Ada yang Dianiaya Majikan dan Tak Digaji

Tiga TKW asal Cianjur yang tersandung masalah berhasil dipulangkan dan sekarang bisa berkumpul lagi bersama keluarga.

3 TKW Asal Cianjur yang Tersandung Masalah Dipulangkan, Ada yang Dianiaya Majikan dan Tak Digaji
istimewa
Astakira terus menerima aduan dari keluarga pegawai migran Indonesia yang bermasalah. Setiap pekannya Astakira selalu kedatangan TKW atau keluarga TKW yang mengadukan berbagai macam permasalahan. Foto diambil Rabu (13/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Tiga orang tenaga kerja wanita (TKW) atau pegawai migran Indonesia yang tersandung masalah, berhasil dipulangkan oleh Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Raya (Astakira) Pembaharuan DPC Kabupaten Cianjur, Rabu (13/2/2019).

Ketua Harian DPC Astakira Pembaharuan Kabupaten Cianjur, Asep Supyan (45), mengatakan, para pahlawan devisa tersebut merupakan korban iming-iming dari oknum petugas lapangan (PL) atau petugas rekrut dan pelaksana penempatan TKI swasta melalui proses pemberangkatan non-prosedural.

"Mereka yang pulang Itu terdiri dari berbagai masalah, ada yang dianiaya majikan, tidak digaji, dan sakit," kata Asep di kantor DPC Astakira, Cianjur, Rabu (13/2/2019).

Menurut Asep Supyan, ketiga pegawai migran tersebut sekarang sudah berkumpul dengan anggota keluarganya di Kampung halaman di Cianjur.

Mereka adalah, Elsa Sumirat (23) asal Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur; Herni Aliyudin (25) asal Desa Sukaratu, Kecamatan Bojongpicung; dan Aih Nurapifah (38), asal Desa Cikondang, Kecamatan Bojongpicung.

"Alhamdulilah pemenuhan haknya juga terpenuhi," kata Asep Supyan.

Supyan mengatakan, pemberangkatan TKI di Kabupaten Cianjur harus betul-betul mendapatkan pengawasan penuh dari pemerintah, pasalnya sejauh ini perlindungan dan penanganan permasalahan terhadap TKI masih dianggap lemah.

Ia mengatajan, hampir setiap minggu Astakira Pembaharuan menerima aduan permasalahan TKI.

Tulisan lengkap berita ini bisa Anda baca di Harian Umum Tribun Jabar edisi, Kamis (14/2/2019).

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved