Soal Perpustakaan Digital, Pustakawan Nasional: Fisiknya di Rumah, Pikiran & Hati di Perpustakaan

Hadirnya perpustakaan digital di Purwakarta tidak menjadi sebuah kekhawatiran akan menurunnya jumlah kunjungan ke perpustakaan konvensional

Soal Perpustakaan Digital, Pustakawan Nasional: Fisiknya di Rumah, Pikiran & Hati di Perpustakaan
Tribun Jabar/Haryanto
Ketua Umum Ikatan Pustakawan Indonesia, T Syamsul Bahri, saat ditemui di acara peresmian gedung perpustakaan digital daerah Purwakarta, Selasa (12/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA- Hadirnya perpustakaan digital milik Pemerintah Daerah (Pemda) Purwakarta tidak menjadi sebuah kekhawatiran akan menurunnya jumlah kunjungan ke perpustakaan konvensional.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Umum Ikatan Pustakawan Indonesia, T Syamsul Bahri saat peresmian gedung perpustakaan digital daerah Purwakarta.

Menurutnya, meski masyarakat tidak datang langsung ke perpustakaan, persediaan digitalisasi buku yang tersedia bisa menjadi salah satu gantinya.

"Fisiknya di rumah tapi pikiran sama hatinya di perpustakaan karena yang menyiapkan kontennya kan di sini (perpustakaan digital)," kata Syamsul usai peresmian gedung perpustakaan daerah di Jalan KK Singawinata, Nagri Tengah, Purwakarta, Selasa (12/2/2019).

Malah menurut dia, minat baca masyarakat akan bisa bertambah dengan semakin bertambahnya perpustakaan digital.

Perpustakaan Digital Diresmikan di Purwakarta, Koleksi Bukunya Lebih Banyak Dibanding Provinsi

Memprihatinkan, Begini Kondisi Perpustakaan Kontainer di Taman Panatayuda Kota Bandung

Semakin banyak perpustakaan yang memiliki fasilitas digital, setiap perpustakaan di tiap daerah dan nasional akan terintegrasi.

Jadi, meski tidak ada buku yang dibutuhkan di perpustakaan Purwakarta, masyarakat bisa mendapatkan buku yang dibutuhkan di perpustakaan lain secara digital.

"Koleksi buku yang beragam itu sangat mempengaruhi peningkatan minat baca. Apalagi jika sudah terkoneksi dengan Ipusnas, bisa sinkronisasi buku dengan buku di perpustakaan nasional," ujar pustakawan nasional itu.

Ia yang saat itu datang sebagai perwakilan pihak Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Indonesia itu sekaligus memberikan sumbangan.

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved