Sahabat Rakyat Indonesia Beri Bantuan Hewan Ternak kepada Keluarga Bakri yang Sempat Makan Nasi Basi

Sekretaris Jenderal Sahabat Rakyat Indonesia (SRI), Haerudin Nurman mengatakan, pihaknya sangat prihatin atas kondisi yang dialami keluarga Bakri.

Sahabat Rakyat Indonesia Beri Bantuan Hewan Ternak kepada Keluarga Bakri yang Sempat Makan Nasi Basi
TRIBUN JABAR/CIPTA PERMANA
Sekretaris Jenderal Sahabat Rakyat Indonesia (SRI), Haerudin Nurman memberikan bantuan berupa tiga ekor kambing dan lima puluh ekor ayam kepada keluarga Bakri di Kampung Kiarapayung, Desa Ramasari, Cianjur, Minggu (10/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Sebagai wujud keprihatinan terhadap kondisi pasangan keluarga Bakri (50) dan Aisyah (45), serta Jujun Junaedi (10) warga Kampung Kiarapayung, Desa Ramasari, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur yang terpaksa mengkonsumsi makanan basi untuk bertahan hidup di tengah himpitan ekonomi, Tim Nasional Sahabat Rakyat Indonesia (SRI) memberikan bantuan berupa hewan ternak bagi keluarga tersebut.

Selain mengkonsumsi makanan basi, Bakri dan keluarga pun selama ini harus tinggal dalam sebuah bangunan berukuran sekitar 12 meter persegi, tanpa dialiri listrik dan jamban. Bahkan Bakri pun tidak jarang terpaksa mengemis dan memulung barang bekas.

Sekretaris Jenderal Sahabat Rakyat Indonesia (SRI), Haerudin Nurman mengatakan, pihaknya sangat prihatin atas kondisi yang dialami keluarga Bakri.

Untuk itu, dalam kesempatan ini memberikan bantuan berupa tiga ekor kambing dan lima puluh ekor ayam, sebagai modal awal untuk membangun sebuah peternakan dan mengangkat perekonomian keluarganya.

"Dalam kesempatan ini, kami ingin memberikan bantuan kepada Pak Bakri dan keluarganya. Sebagaimana seluruh masyarakat banyak mengetahui akan kondisinya, saya tidak menyangka bahwa keluarga ini terpaksa harus memasak nasi yang sudah basi untuk bertahan hidup," ujarnya seusai memberikan bantuan, Minggu (10/2) malam.

Selain itu, pihaknya juga membantu putra Bakri dan Aisyah, yaitu Jujun agar tetap mendapatkan hak pendidikannya dengan baik. Dengan demikian, persoalan pendidikannya tidak akan menjadi beban dan persoalan lagi kedepannya. Termasuk memberikan pendampingan hingga dapat terbebas dari garis kemiskinan.

"Kami akan pantau terus perkembangannya, karena ada anggota SRI juga disini yang melakukan pendampingan. Untuk hewan ternak nanti di kelola oleh Ketua RW, dan nanti hasilnya akan dibagi untuk keluarga Pak Bakri," ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya pun telah berkoordinasi dengan kepala desa setempat untuk melakukan pendataan terlebih dahulu, terkait keluarga miskin lainnya yang memerlukan bantuan.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Desa Ramasari, Agus Sumarna. Ia berharap pemberian bantuan juga dapat diberikan tidak hanya untuk keluarga Bakri saja, tetapi warga miskin lainnya. Pasalnya, di desanya masih terdapat keluarga yang berada dibawah garis kemiskinan.

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved