Ini Lokasi untuk 'Taman Dilan' yang Dibangun Ridwan Kamil, Akan Diisi Mural dan Kata-kata Puitis

Ridwan Kamil: Tahun ini insya Allah kami akan mengabadikan legenda Dilan ini jadi taman di Bandung.

Ini Lokasi untuk 'Taman Dilan' yang Dibangun Ridwan Kamil, Akan Diisi Mural dan Kata-kata Puitis
tribunjabar/putri puspita
Vanesha Prescilla (ketiga kiri) di Gedung Pakuan bersama para pemain Dilan 1991 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana membangun taman bernama Taman Dilan. Tujuannya untuk mengabadikan pencapaian positif film yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq itu. Hadirnya Taman Dilan juga diharapkan mampu mendongkrak potensi pariwisata di Bandung.

"Tahun ini insya Allah kami akan mengabadikan legenda Dilan ini jadi taman di Bandung. Lokasinya di GOR Saparua dekat lapangan basket berjarak 200 meter dari kantor Panas Dalam," kata Ridwan Kamil, sapaan akrabnya, saat bertemu dengan para pemeran film Dilan 1991 di Gedung Pakuan, Jalan Cicendo, Bandung, Minggu (10/2/2019).

Ia mengatakan, Taman Dilan akan diisi mural dan gambar para pemeran Dilan.

Selain itu, kalimat-kalimat khas dari Pidi Baiq akan mewarnai taman tersebut.

"Jadi ada muralnya, life size foto, kalimat Ayah (panggilan karib untuk Pidi Baiq) juga diabadikan. Karena orang sekarang selfie tak harus karya foto, ada tulisan saja sepanjang nyambung ke emosinya saja pasti difoto," ujar Emil.

Emil menjelaskan, Taman Dilan bukan sekadar urusan estetika. Namun, taman itu didedikasikan untuk film Dilan yang telah membuat Bandung semakin dikenal dan meningkatkan potensi pariwisatanya.

Kelanjutan Hubungan Cinta Yuni Astuti, Pacar Adi Saputra yang Mengamuk saat Ditilang Polisi

Hotman Paris Beri Uang untuk Guru Viral yang Dicengkram Kerahnya oleh Murid: Buat Beli Baju

"Jadi visinya pariwisata. Kenapa wisatawan datang, ada yang lihat budayanya, arsitektur dan sebagainya. Jadi Taman Dilan itu didedikasikan pada cerita yang membuat Bandung luar biasa sebagai objek wisata. Jadi ini lebih pada pariwisata memanfaatkan budaya kontemporer," ucap Emil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ridwan Kamil Bakal Abadikan Dilan Jadi Sebuah Taman", https://entertainment.kompas.com/read/2019/02/10/124907210/ridwan-kamil-bakal-abadikan-dilan-jadi-sebuah-taman. 

Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved