Dua Kejadian Longsor Melanda Ciamis Dalam Dua Hari Terakhir

Dua kejadian longsor landa Ciamis dalam dua hari terakhir. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Dua Kejadian Longsor Melanda Ciamis Dalam Dua Hari Terakhir
Tribunjabar.id/Deddi Rustandi
Ilustrasi longsor. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Hujan lebat yang mengguyur Ciamis Minggu (10/2/2019) sore sampai malam memicu terjadinya longsor tebing di Dusun Mekarmulya, RT 11/10, Desa Kertayasa, Kecamatan Panawangan.

Longsor yang terjadi Minggu (10/2/2019) malam sekitar pukul 20.00 tersebut membuat 1 unit kandang porak poranda. Tiga rumah warga yang berlokasi di atas tebing juga terancam longsor dan harus dikosongkan.

“Penghuninya untuk sementara mengungsi ke rumah sanak saudara. Kami sudah mengusulkan ke BPBD untuk dilakukan penelitian geologi di lokasi longsor,” ujar Camat Panawangan Ono Rohana kepada Tribun Jabar, Senin (11/2/2019).

Penelitian kondisi geologi tersebut katanya sangat mendesak untuk memastikan apakah penghuni tiga rumah yang kini terpaksa mengungsi bisa kembali ke rumahnya atau harus direlokasi.

“Mengingat Ciamis hampir setiap sore diguyur hujan, termasuk sore ini, tapi tak selebat kemarin. Bila hujan turun warga khawatir terjadi longsor susulan,” kata Ono Rohana.

Hujan lebat yang mengguyur selama tiga hari berturut-turut setiap sore, kata Ono Rohana, telah memicu terjadinya retakan tanah di Blok Mekarmulya, terutama tebing di sisi kandang ayam yang dikelola Widi.

“Kemarin siang, ribuan ekor ayam pedaging BR yang ada di kandang sudah diungsikan. Tadi malam terjadi longsor, satu kandang hancur sedangkan yang satunya lagi yang lebih besar selamat. Kedua kandang tersebut sudah  kosong, tidak ada ayamnya.  Ada sekitar 3.000 ekor ayam yang ada di dalam kandang sudah diungsikan sebelum terjadi longsor,” ucap Ono Rohana.

Menurut informasi yang diperoleh Tribun Jabar saat turun hujan lebat yang mengguyur Ciamis, Senin (11/2/2019) sore, satu rumah warga di Blok Cilengsing, Dusun Gunungsari, Desa Panyingkiran, Kecamatan Ciamis, dihantam longsoran tebing bagian sampingnya.

Purwakarta Punya 6 Titik Rawan Kecelakaan, Ini Lokasinya, Polisi Gencar Sosialisasi

BREAKING NEWS, Angkot Terbalik di Jalan Jamika Kota Bandung, 5 Penumpang Terluka, Sopir Kabur

Penulis: Andri M Dani
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved