Ratusan Kotak Suara di Gudang Penyimpanan Logistik KPU Kabupaten Cirebon Rusak Akibat Hujan

Sebanyak 696 kotak suara di gudang penyimpanan logistik KPU Kabupaten Cirebon rusak akibat terendam air hujan

Ratusan Kotak Suara di Gudang Penyimpanan Logistik KPU Kabupaten Cirebon Rusak Akibat Hujan
tribunjabar/siti masithoh
Sebanyak 696 kotak suara di gudang penyimpanan logistik KPU Kabupaten Cirebon rusak akibat terendam air hujan yang masuk melalui celah pintu gudang pada Sabtu (9/2/2019 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Sebanyak 696 kotak suara di gudang penyimpanan logistik KPU Kabupaten Cirebon rusak akibat terendam air hujan yang masuk melalui celah pintu gudang pada Sabtu (9/2/2019).

Akibatnya, ratusan kotak suara tersebut ada yang robek dan tidak dapat digunakan untuk pelaksanaan Pemilu 2019.

Oleh karena itu, Bawaslu Jabar melalukan pengecekkan dan penghitungan seluruh kotak suara yang rusak di gudang tersebut.

"Bawaslu jabar ingin memastikan losgitik jabar tidak mengalami kekurangan. Hasilnya sementara terdapat kerusakan kotak suara 696 buah dan belum selesai dihitung semua. Kemungkinan jumlahnya bisa lebih dari itu karena belum dihitung semua," ujar Kordiv Pengawas Bawaslu Jabar, Zaki Hilmi, saat ditemui sesusai penghitungan kotak suara rusak di gudang penyimpanan KPU Kabupaten Cirebon, Plumbon, Cirebon, Minggu (10/2/2019).

Menurutnya, gudang penyimpanan logistik pemilu di Kabupaten Cirebon terdapat perbedaan dengan kota atau kabupaten lainnya.

Gudang tersebut tidak memiliki alas untuk kotak suara seperti di beberapa kota lainnya.

Begini Cara Vanesha Prescilla Bangun Chemistry dengan Iqbaal Ramadhan di Film Dilan 1991

"Ini penting untuk kita terkait standar operasional prosedur (SOP) yang diterapkan KPU RI, kenapa antar gudang antar kota di indonesia itu berbeda. Ini menjadi catatan kita terkait pelaksanaan SOP," katanya.

Selanjutnya, sisa logistik yang masih bisa diselamatkan atau dipakai untuk pemilu, akan ditempatkan di tempat yang lebih aman agar tidak terkena air hujan.

"Dari awal memang mestinya sudah diperhitungkan kondisi gudang saat musim hujan. Saya pikir untuk Cirebon ini lebih pada penting untuk diberikan alas kotak suara," tambahnya.


Oleh karena itu, Bawaslu Jabar akan melakukan beberapa langkah, yaitu melakukan penelusuran lebih lanjut terkait logistik rusak, merekomendasikan untuk memindahkan ke lokasi gudang yang lebih terjamin, dan akan langsung mengawasi penggantian kota suara yang rusak.

"Pada akhurnya akan diganti dengan kotak suara yang baru.Saya optimis dari sisi waktu untuk penggantian kotak suara bisa terkejar. Ini menyambut respon dari KPU RI sendiri," pungkasnya.

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved