695 Kotak Surat Suara Rusak Terendam Air Hujan, Bawaslu Kabupaten Cirebon Rekomendasikan Hal Ini

Bawaslu Kabupaten Cirebon merekomendasikan pemindahan surat suara yang masih utuh di gudang penyimpanan logistik KPU Kabupaten Cirebon.

695 Kotak Surat Suara Rusak Terendam Air Hujan, Bawaslu Kabupaten Cirebon Rekomendasikan Hal Ini
Tribun Jabar/Siti Masithoh
Ratusan kotak suara yang rusak akibat terendam air hujan di gudang penyimpanan logistik KPU Kabupaten Cirebon, Plumbon, Cirebon, Minggu (10/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Bawaslu Kabupaten Cirebon merekomendasikan pemindahan surat suara yang masih utuh di gudang penyimpanan logistik KPU Kabupaten Cirebon ke tempat lainnya.

Upaya tersebut untuk menyelamatkan kotak suara agar dapat digunakan pada saat pelaksanaan pemilu.

Pasalnya, ada 696 kotak suara yang rusak akibat terendam air hujan pada Sabtu (9/2/2019) yang masuk melalui celah pintu gudang.

Bawaslu juga menilai adanya perbedaan gudang di penyimpanan logistik KPU Kabupaten Cirebon dengan beberapa kota lainnya yang tidak memakai alas kotak suara.

Hari Pers Nasional Tahun 2019, Ini Harapan Penjabat Bupati Cirebon

"Gudang penyimpanan logistik di Kabupaten Cirebon ini berbeda dengan kota lainnya. Sehingga harus dipastikan proses pemindahan yang tidak rusak ke tempat yang lebih aman," ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon, Abdul Khoir, saat ditemui di gudang penyimpanan logistik KPU Kabupaten Cirebon, Plumbon, Cirebon, Minggu (10/2/2019).

Pihaknya juga akan memastikan penggantian kotak suara yang rusak oleh KPU RI.

Menurutnya, Bawaslu Kabupaten Cirebon pemilihan gudang logistik merupakan hak dan kewenangan KPU. Namun, pihaknya mengaku sudah memberikan rekomendasi terkait pemilihan tempat.

"Kami sudah menyarankan pemilihan tempat agar tidak mudah terkena air. Sudah memberikan masukan juga sebanyak dua kali kepada KPU," kata dia.

Saat ini, Bawaslu Kabupaten Cirebon sedang menelusuri terkait pemilihan gudang logistik tersebut.

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved