Cegah Wabah DBD Meluas, Ribuan Ekor Ikan Cupang Dibagikan ke Warga Cibeureum Kota Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya bersama BKIPM Bandung dan Community Betta Cimahi (CBC) bagikan ribuan ekor ikan cupang kepada warga Kelurahan Kotabaru, Kecamatan C

Cegah Wabah DBD Meluas, Ribuan Ekor Ikan Cupang Dibagikan ke Warga Cibeureum Kota Tasikmalaya
TRIBUN JABAR/ISEP HERI HERDIANSAH
Penyebaran ikan cupang di bak penampungan air warga sebagai langkah pencegahan meluasnya DBD di Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Cibeureum, Tasikmalaya, Jumat (8/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya bersama Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandung dan Community Betta Cimahi (CBC) bagikan ribuan ekor ikan cupang kepada warga Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Cibeureum, Tasikmalaya, Jumat (8/2/2019).

Pembagian sebanyak 1.200 ekor ikan cupang kepada warga Kecamatan Cibeureum tersebut sebagai upaya meminimalisir wabah DBD ( demam berdarah dengue) yang di Kota Tasikmalaya semakin hari semakin bertambah.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pengawasan Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Kota Tasik, Sarwono mengatakan, ikan cupang diketahui dapat berfungsi sebagai pemakan jentik-jentik nyamuk.

Sebagai penangkal wabah DBD, Sarwono menjelaskan ikan cupang bisa disebar di bak penampungan air.

Pemilihan Kecamatan Cibeureum sebagai sasaran pembagian ribuan ekor cupang ini, kata Sarwono karena saat ini wilayah tersebut termasuk wilayah yang jumlah kasus DBD cukup tinggi.

"Hingga saat ini, kasus DBD di Tasikmalaya total terdapat 64 kasus, 12 diantaranya terjadi di Cibeureum. Sedangkan 6 diantaranya terjadi di Kelurahan Kotabaru. Oleh karena itu, pemberian bantuan ini diharap dapat menekan kasus DBD," kata Sarwono usai melakukan penyerahan bantuan ikan cupang.

Direktur Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Bandung, Dedy Arief mengatakan, ikan cupang atau betta memang merupakan ikan yang dapat digunakan sebagai predator jentik nyamuk.

“Satu tempat air cukup diletakan satu ikan. Masyarakat tak perlu khawatir karena ikan ini tidak menimbulkan pencemaran air,” kata Dedy.

Ia pun optimisitis langkah ini dapat optimal dalam menekan DBD karena ikan cupang merupakan ikan yang minim perawatan dan dalam sekali makan dapat mengonsumsi 80 jentik nyamuk.

Selain itu, ikan cupang juga memiliki nilai ekonomi serta mudah berkembang biak.

Seluruh ikan cupang yang diberikan merupakan bantuan tanggung jawab sosial dari Cimahi Betta Comunity (CBC).

Selain di Tasikmalaya, pemberian bantuan juga telah dilakukan di Cimahi, selanjutnya, hal serupa akan dilakukan di Cianjur dan Sukabumi. (*)

BUMN Berikan Bantuan Mesin Pengolah Kopi dan Pemipil Jagung bagi Petani Cianjur

Ratusan Pedagang Berebut Ingin Dapat Kios di Pasar Sumber Cirebon

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved