56 Rumah di Ciamis Rusak Diterjang Angin Kencang, BPBD Imbau Warga Waspada

56 rumah yang tersebar di 6 desa di 5 kecamatan di Ciamis rusak akibat angin kencang menyertai hujan lebat

56 Rumah di Ciamis Rusak Diterjang Angin Kencang, BPBD Imbau Warga Waspada
tribunjabar/isep heri
Pohon tumbang akibat dihempas hujan deras disertai angin kencang, di Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (22/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani  

TRIBUNjABAR.ID, CIAMIS– Angin kencang menyertai hujan lebat yang menerjang Ciamis Rabu (6/2/2019) sore sekitar pukul 16.30 WIB.

Setidaknya, 56 rumah yang tersebar di 6 desa di 5 kecamatan di Ciamis rusak akibat angin kencang menyertai hujan lebat itu.

Enam desa itu adalah Desa Mangkubumi dan Desa Werasari (Kecamatan Sadananya), Desa Sukakerta (Panumbangan), Desa Kawunglarang (Rancah), Desa Tanjungjaya (Rajadesa) dan Desa Nasol Kecamatan Cikoneng.

“Paling parah terjadi di Desa Mangkubumi, ada 27 rumah yang rusak atapnya. Kemudian di desa Tanjungjaya 17 rumah rusak,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik (Darlog0 BPBD Ciamis, Ani Supiani kepada Tribun Kamis (7/2/2019).

Di Desa Tanjungjaya, ada satu rumah yang tertimpa pohon petai runtuh setelah diterjang angin kencang.

Puing-puing Bus Kramat Jati Masih di Lokasi Kejadian Kecelakaan di Jalan Raya Cicalengka [VIDEO]

Pertunjukan Air Mancur Sri Baduga di Situ Buleud Purwakarta Sabtu Ini Terancam Dihentikan Sementara

BPBD Ciamis, kata Ani, mengimbau warga untuk waspada mengingat menurut perkiraan BMKG, angin kencang dan hujan lebat bahkan kadang disertai petir bakal terjadi sampai Mei nanti. 

Angin kencang dan hujan lebat itu berpotensi terjadi pada sore hari.

Mengingat seringnya terjadi hujan disertai angin kencang atau badaim BPBD Ciamis menyarankan warga untuk menebang pohon yang cukup tinggi yang tumbuh di sekitar rumah atau bangunan lainnya seperti sekolah, kantor, masjid, musola maupun warung.

Bila pohon yang berpotensi rubuh kalau diterjang angin kencang tersebut tak mungkin ditebang lebih baik waspada bila hujan turun disertai angin kencang.
 

Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved