12 Kampus Ikuti Gelaran IEL 2019 University Series Season 1, Mahasiswa Berprospek Tinggi di e-Sport

Perkembangan pesat industri esports atau olahraga elektronik, yang beberapa tahun lalu masih dianggap hanya sebuah genre permainan

12 Kampus Ikuti Gelaran IEL 2019 University Series Season 1, Mahasiswa Berprospek Tinggi di e-Sport
ISTIMEWA
Para pembicara dalam acara IEL Campus Seminar, Esports: Beyond Gaming, di Universitas Maranatha, Jumat (8/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Perkembangan pesat industri eSports atau olahraga elektronik, yang beberapa tahun lalu masih dianggap hanya sebuah genre permainan, kini telah menjelma menjadi bakal industri besar yang menjanjikan berbagai peluang karir profesional bagi para penggemarnya.

Pertumbuhan ini tak lepas dari antusiasme luar biasa yang dibangun oleh para penggemar game di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

MIX 360 Esports sebagai entitas bisnis dengan komitmen mengembangkan industri esports di Indonesia mengungkapkan data yang dikeluarkan oleh penelitian Niko Partners, yaitu sebuah perusahaan riset pasar dan konsultansi yang berspesialisasi dalam industri game dan esports di Asia Tenggara dan Tiongkok.

Data tersebut mengungkapkan bahwa 41 persen dari 266 juta orang Indonesia setidaknya adalah gamer mobile atau PC kasual. Ini dibuktikan dengan pendapatan untuk online PC dan mobile game di Indonesia yang mencapai 606 juta USD pada 2018 dan diperkirakan mencapai 1.156 juta USD pada 2022.

Menurut Harry Kartono selaku Chief Operational Officer MIX 360 Esports, pihaknya kini tengah menggarap berbagai inisiasi untuk mengembangkan ekosistem esports di Tanah Air, mulai dari pembinaan bibit-bibit atlet dan caster esports profesional, hingga menyiapkan manajemen tim esports berkualitas. Salah satu langkah awal MIX adalah melalui peluncuran agenda olahraga terbaru, IEL University Series 2019.

"Setelah resmi dimulainya gelaran IEL University Series 2019 pada akhir Januari yang lalu, kini tim MIX 360 Esports memulai kegiatan seminar di lima universitas di Jakarta, Bandung, Yogya, Semarang dan Surabaya," kata Harry Kartono dalam acara IEL Campus Seminar, Esports: Beyond Gaming, di Universitas Maranatha, Jumat (8/2/2019).

Harry menyebutkan bahwa IEL University Series 2019 merupakan sebuah kompetisi esports resmi pertama untuk tingkat universitas di Indonesia yang didukung penuh oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), dan Indonesia Esports Association (IESPA).

Kompetisi ini juga disahkan oleh Federasi Electronic Sports Asia (AeSF), dimana nantinya akan menjadi bagian dari Liga universitas resmi dibawah naungan IESPA.

Mix sendiri turut mengembangkan industry esports melalui edukasi seminar bersama universitas di Jakarta, Bandung, Yogya, Semarang dan Surabaya.

Halaman
12
Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved