Tak Sekadar Bumbu Dapur, Ini Segudang Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan

Ketumbar mempunyai segudang khasiat untuk kesehatan hingga kecantikan. Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan adanya sifat anti-lipid dan ant

Tak Sekadar Bumbu Dapur, Ini Segudang Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan
hellosehat
Ilustrasi ketumbar 

TRIBUNJABAR.ID - Ketumbar biasanya dijadikan bumbu masakan untuk meningkatkan cita rasa.

Namun tidak berhenti sampai di situ. Ketumbar mempunyai segudang khasiat untuk kesehatan hingga kecantikan.

Dilansir Tribun Jabar dari Alodokter.com, setiap dua sendok makan bubuk ketumbar mengandung 30 kalori, 1,8 gram lemak, 1,2 gram protein, 5,6 gram karbohidrat, dan 4 gram serat.

Ketumbar mampu mendukung kebutuhan harian hingga 8 persen kalsium, 10 persen zat besi, 4 persen vitamin C, hingga 68 persen vitamin K.

Dilansir Tribun Jabar dari Hello Sehat, terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan adanya sifat anti-lipid dan anti diabetes pada ketumbar.

Selain itu, ketumbar memiliki sifat antibakteri, antijamur, antioksidan, dan antiradang. Kandungan senyawa linalool yang kaya dalam ketumbar juga diketahui bermanfaat untuk kesehatan.

Salah satu khasiat ketumbar adalah untuk mengatasi masalah pencernaan, termasuk sakit perut, mual, diare, jekang usus, dan perut kembung.

Ada pula khasiat ketumbar yang lainnya, yaitu untuk meredakan gejala campak, wasir, sakit gigi, cacingan, nyeri sendi, serta infeksi yang disebabkan jamur dan bakteri.

Terlebih lagi, ketumbar kaya akan zat besi yang mampu menambah dan melancarkan peredaran darah.

Biji ketumbar dapat membantu penurunan kolesterol jahat tanpa memengaruhi kadar kolesterol baik, sehingga mencegah penyakit jantung.

Halaman
12
Penulis: Indan Kurnia Efendi
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved