Kasus DBD di Ciamis Naik 9 Kali Lipat, Warga Diimbau Rutin Cek Dispenser dan Kulkas

setidaknya ada 63 warga Ciamis yang terpaksa dirawat di rumah sakit dan puskesmas karena terjangkit demam berdarah dengue (DBD).

Kasus DBD di Ciamis Naik 9 Kali Lipat, Warga Diimbau Rutin Cek Dispenser dan Kulkas
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Pasien demam berdarah dangue (DBD) di Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) Soreang Kabupaten Bandung tengah diperiksa kondisi tubuhnya oleh perawat, Jumat (25/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS- Selama bulan Januari lalu, setidaknya ada 63 warga Ciamis yang terpaksa dirawat di rumah sakit dan puskesmas karena terjangkit demam berdarah dengue (DBD).

Padahal, selama Januari tahun 2018, hanya terjadi 7 kasus DBD di Ciamis.

“Dibanding dengan kasus bulan Januari tahun lalu, pada Januari 2019 ada peningkatan kasus DBD sampai 9 kali lipat,” ujar Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Ciamis dr H Yoyo yang didampingi pelaksana seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PM) H Pendi Supendi kepada Tribun Senin (4/2/2019).

Angka tersebut cukup mengagetkan mengingat sampai tanggal 29/1 baru tercatat sebanyak 43 kasus. Namun dua hari menjelang tutup bulan Januari terjadi 20 kasus DBD. Total kasus DBD selama bulan Januari 2019 tercata 63 kasus.

Tingginya angka kasus DBD tersebut akibat meningkatnya populasi nyamuk aedes aegypti penyebar virus penyebab DBD.

Akui Jumlah Penderita DBD Naik, Menteri Kesehatan Punya Alasan Belum Tetapkan Status KLB

Musim DBD Bikin Ikan Cupang Diburu Warga, Heru Pun Mampu Raup Keuntungan Rp 15 Juta Per Bulan

Pesatnya berkembangbiakan nyamuk aedes aegypti tersebut yang dipicu kondisi cuaca yang panca roba, cuaca hujan diselang selingi dengan panas.

Menurut dr Yoyo, dari 63 kasus DBD (29 laki-laki  dan 34 orang perempuan) selama bulan Januari lalu tersebut jumlah penderita terbanyak dari kalangan usia produktif (usia 15 sampai 44 tahun) sebanyak 34 orang.

Hanya seorang bayi yang positif terjangkit DBD pada Januari lalu. Di Ciamis, tidak ada penderita DBD yang meninggal dunia di Ciamis.

Serangan penyakit DBD ini terjadi di 19 wilayah kerja puskesmas dari 37 puskesmas yang ada di Ciamis.

Halaman
123
Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved