Di Ponpes Sulalatul Huda, Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum Sosialisasikan Ekonomi Syariah

Uu Ruzhanul Ulum menjadi pembicara seminar sosialisasi ekonomi di Ponpes Sulalatul Huda, Jalan Paseh 18, Kelurahan Tugujaya, Kecamatan Cihideung.

Di Ponpes Sulalatul Huda, Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum Sosialisasikan Ekonomi Syariah
Tribun Jabar/Isep Heri Herdiansah
Uu Ruzhanul Ulum menjadi pembicara seminar sosialisasi ekonomi di Ponpes Sulalatul Huda, Jalan Paseh 18, Kelurahan Tugujaya, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Selasa (5/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menjadi pembicara seminar sosialisasi ekonomi di Ponpes Sulalatul Huda, Jalan Paseh No 18, Kelurahan Tugujaya, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Selasa (5/2/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di aula pesantren tersebut dihadiri sejumlah pengurus ponpes dan santri di Priangan Timur.

Uu Ruzhanul Ulum mengatakan ekonomi syariah di Jawa Barat harus dikembangkan dan harus langsung menyentuh kalangan ulama dan santri.

"Karena mereka pada prinsipnya tahu tentang ekonomi syariah ini, tetapi saat ini sulit mengimplementasikan karena belum ada contoh dan cara, makanya melalui sosialisasi seperti ini," kata Uu Ruzhanul Ulum saat ditemui Tribun Jabar seusai acara.

Uu Ruzhanul Ulum menuturkan, kegiatan ini merupakan program pemprov untuk mendukung berkembangnya ekonomi syariah di Jawa Barat disamping program satu pesantren satu produk.

"Selain itu, kami juga tengah memikirkan rencana bank perkreditan rakyat milik pemda di Jabar untuk di syariahkan," ujarnya.

Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Buka Acara Pisau Fair di SMA 1 Singaparna

Melalui sosialisasi ini, Uu Ruzhanul Ulum mengharapkan terbentuk bank waqaf di Kita dan Kabupaten Tasikmalaya, yang nantinya dikelola oleh lembaga zakat nasional.

Sejauh ini bank waqaf baru dua di wilayah Jawa Barat yakni di Kabupaten Ciamis.

"Nantinya masyarakat kurang mampu bisa mengajukan pinjaman dengan bunga hanya 3 persen. Hal itu untuk antisipasi banyaknya rentenir-rentenir di kalangan masyarakat Jabar saat ini," tutur Uu Ruzhanul Ulum.

Uu menjelaskan, nantinya bank waqaf nanti petugasnya akan dilatih dulu oleh otoritas jasa keuangan mengenai manajemen perbankan syariah.

Saat disinggung mengenai seberapa besar kemungkinan keberhasilan program ini mengingat bank syariah yang masih kalah saing dengan bank konvensional, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan sosialisasi mengenai ekonomi syariah harus gencar dilakukan di semua kalangan.

"Memang seperti itu, saat ini sosialisasinya harus terus dilakukan," kata Uu Ruzhanul Ulum.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved