KPU Kota Bandung Gelar Bimtek untuk Relawan Demokrasi, Mulai Bertugas Februari Ini

KPU Kota Bandung selanggarakan bimbingan teknis terhadap relawan demokrasi.

KPU Kota Bandung Gelar Bimtek untuk Relawan Demokrasi, Mulai Bertugas Februari Ini
Tribun Jabar/Hilda Rubiah
Penyematan atribut Relawan Demokrasi dalam bimtek yang digelar KPU Kota Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) terhadap Relawan Demokrasi, di Ibis Hotel Trans Studio Bandung, Senin (4/2/2019).

Ketua KPU Kota Bandung, Suharti, mengatakan, bimtek diberikan sebagai pembekalan kepada Relawan Demokrasi untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pemilu.

"Bimtek ini pembekalan para Relawan Demokrasi untuk merangkul, mengedukasi dan menumbuhkan kesadaran masyarakat, dan untuk menyampaikan teknis pemilu agar masyarakat tahu bagaimana mengikuti proses pemilu," ujar Suharti, saat ditemui Tribun Jabar di Ibis Hotel.

Dalam bimtek ini Relawan Demokrasi diberikan berbagai materi tentang demokrasi, public speaking, tahapan pemilu, dapil (daerah pemilihan), hingga tata cara pencoblosan.

Adapun narasumber yang turut hadir memberikan materi yaitu Iu Rusliana, dosen UIN Bandung yang juga Peneliti Utama Democracy Electoral Empowerment Participant, dan Evie Ariadne Shinta Dewi, dosen Fakultas Komunikasi Unpad.

Sebelum Pelaksanaan Pemilu 2019, Bawaslu Jabar Minta KPU RI Perbaiki Kualitas Logistik

Begini Tugas Relawan Demokrasi pada Pemilu 2019, di Jabar Ada 1.485 Orang

"Kami berharap pemilu berjalan dengan baik. Relawan tidak hanya sosialisasi tapi juga mengedukasi masyarakat terkait pemilu, sehingga mereka datang karena kesadaran sendiri bukan keterpakasaan," ujar Suharti.

Relawan demokrasi yang mengikuti bimtek ini sebanyak 55 orang berasal dari 10 basis pemilih.

Di antaranya, Pemilih Keluarga, Pemilih Muda, Pemilih Pemula, Pemilih Perempuan, Pemilih Disabilitas, Pemilih Berkebutuhan Khusus, Pemilih Kaum Marginal, Pemilih Komunitas, Pemilih Keagamaan, dan Pemilih Warganet.

"Setelah bimtek ini mereka akan langsung berbaur dengan elemen masyarakat semisal komunitas untuk melakukan sosialsasi dan berkolaborasi dengan KPU," ujarnya.

Suharti menambahkan, relawan demokasi akan melakukan tugasnya mulai bulan sekarang Februari hingga April mendatang.

"Kami sangat berharap relawan ini yang melakukan sosialisasi kepada masyarakat ini benar-benar dapat meningkatkan partisipasi pemilih. Jangan sampai karena caranya salah jadi salah apa yang disampaikan kepada masyarakat," ujarnya.

Penulis: Hilda Rubiah
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved