Mau Durian yang Rasanya Legit dan Harganya Murah? Anda Bisa ke Rumpin Bogor

Mau menyantap durian yang rasanya legit dan harganya murah? Anda bisa ke Rumpin, Bogor, untuk mendapatkannya.

Mau Durian yang Rasanya Legit dan Harganya Murah? Anda Bisa ke Rumpin Bogor
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
Ilustrasi durian. 

TRIBUNJABAR.ID, BOGOR - Anda mau berburu durian legit dan harganya murah? Jika iya sebaiknya Anda menuju ke Rumpin, di Bogor.

Setiap hari, mulai akhir bulan Desember hingga pertengahan bulan Februari, sejumlah warga dari Kecamatan Rumpin, Bogor, berjalan menuju perbukitan di dekat Gunung Suling untuk memetik durian.

Bukan durian miliknya sendiri, para warga membeli buah-buah durian tersebut secara borongan dari pemilik pohon.

Seorang warga Rumpin, Godjali, beralih profesi menjadi pemborong dan pemetik durian saat musim panen durian seperti sekarang.

"Saya kalau enggak musim durian ini ada tanem pisang, singkong, kerja sawah, kerja bangunan. Tapi kalau musim durian saya ke bukit pilih-pilih pohon yang buahnya banyak lalu saya beli secara borongan," kata Godjali saat ditemui Kompas.com.

Sehari para pemborong durian ini dapat membawa sekitar 40 buah durian dari atas bukit.

Cara memasarkan durian-durian itu cukup unik. Bukannya dipajang di tepi jalan, tapi durian hanya ditumpuk begitu saja di rumah para pemetik durian.

"Nanti juga yang mau beli datang sendiri ke rumah. Mereka sudah tau kalau pas musim durian begini kami ngeborong durian," ucap Godjali.

Menurutnya, tak perlu waktu yang lama untuk menjual durian-durian itu. Biasanya para pelanggan sudah menunggu di rumah si pemetik untuk langsung membawa pulang durian-durian segar yang memiliki cita rasa sangat legit tersebut.

Pelanggan durian Godjali tak hanya dari sekitaran Bogor. Menurutnya banyak pelanggan dari luar Bogor yang sengaja memborong durian yang baru saja ia petik.

Festival Durian di Sukabumi, Si Cokelat Menarik Perhatian Bupati

Kisah Sudarno Jajakan Durian J-Queen Rp 14 Juta, Dicuekin di Banyumas, Keberuntungan Datang di Tasik

Halaman
12
Editor: taufik ismail
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved