Risiko Terkena Kanker Prostat & Kanker Penis Bisa Dikurangi, Satu di Antaranya Melalui Metode Ini

Kanker prostat dan kanker penis yang bersarang di sekitar kelamin pria bisa dikurangi dengan sejumlah metode.

Risiko Terkena Kanker Prostat & Kanker Penis Bisa Dikurangi, Satu di Antaranya Melalui Metode Ini
shutterstock
Pengobatan kanker. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA — Risiko terkena kanker prostat dan kanker penis yang bersarang di sekitar kelamin pria bisa dikurangi dengan sejumlah metode.

Ahli Urologi Parkway Hospitals, Dr Poh Beow Kiong menyebutkan yang pertama tentunya dengan menerapkan gaya hidup sehat misalnya dengan tidak mengonsumi makanan olahan.

Kemudian yang kedua adalah menghindari rokok, meski tidak semua kanker akibat merokok namun kandungan dalam rokok dapat membuat sel kanker lebih agresof.

“Kaitan kanker dengan makanan biasanya dengan makanan olahan, rokok, kegemukan, tapi sevara keseluruhan gaya hidup proteksi paling baik,” ungkap dr Poh saat ditemui di Sheraton Gandaria, Jakarta Selatan, Kamis (31/1/2019).

Pentingnya Perawatan Paliatif untuk Penderita Kanker, Harus Sedini Mungkin Jangan Sampai Terlambat

Kemudian vaksinasi Human Papillomavirus (HPV) seperti untuk mencegah kanker rahim pada perempuan pun dapat mengurangi resiko kanker prostat termasuk juga berhati-hati saat melakukan kegiatan seks.

“Anda tidak dapat mencegah semua tapi bisa dikurangi dengan vaksinasi HPV dan praktik sesual harus hati-hati,” kata dr Poh.

Pakar onkologi medis dari Parkway Cancer Centre, Singapura Richard Quek menambahkan akhir-akhir ini stres juga mempengaruhi tumbuhnya sel kanker sehingga keadaan psikologi juga perlu dikontrol untu menghindari penyakit ini.

“Ketika anda stres kondisi tubuh tidak normal, makan tidak benar, akhirnya hormon berubah dan memicu kanker. Termasuk kurang tidur,” pungkas dr Richar ditemui di kesempatan yang sama.

Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved