Logistik Rusak, KPU Kota Tasikmalaya Sebut Itu Saat Pendistribusian, Kami Terima Sudah Seperti Itu

Kerusakan ringan di sejumlah logistik pemilu di Gudang KPU Kota Tasikmalaya, menurut KPU itu terjadi karena kerusakan

Logistik Rusak, KPU Kota Tasikmalaya Sebut Itu Saat Pendistribusian, Kami Terima Sudah Seperti Itu
tribunjabar/isep heri
Logistik pemilu rusak di Kota Tasikmalaya 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Kerusakan ringan di sejumlah logistik pemilu di Gudang KPU Kota Tasikmalaya, menurut KPU itu terjadi karena kerusakan pada saat proses pendistribusian.

Saat Bawaslu Jabar melakukan monitoring ke gudang yang belokasi di Jalan Awipari, Kecamatan Cibereum, Jumat (1/2/2019) ditemukan sedikitnya 5 buah kotak suara dan 4 segel rusak.

Kerusakan yang terlihat di kotak suara yang berbahan kardus itu ada yang dikatakan ringan sampai sedang. Beberapa kotak suara terkelupas di sejumlah bagian.

Menurut Komisioner divisi penyelesaian sengketa Baqaslu Jabar, Yulianto, kotak suara yang mengalami kerusakan ringan sebetulnya masih bisa digunakan.

"Untuk kotak suara yang sedikit rusak mungkin bisa digunakan selama aspek kerahasiaan dari isi kotak suara tidak terganggu. Sementara untuk segel sudah pasti tidak bisa digunakan," kata Yulianto di lokasi.

Menanggapi kemungkinan penyebab kerusakan itu, Komisioner divisi hukum dan informasi KPU Kota Tasikmalaya, Bambang Setiawan menyebut kerusakan ringan itu terjadi saat pendistribusian.

Mengurai Peran Billy Sindoro dalam Kasus Suap Perizinan Proyek Meikarta yang Modusnya Rumit

"Saat diterima kondisinya memang sudah seperti itu, jadi kerusakan bukan saat perangkaian," kata Bambang.

Selain kotak suara dan segel, Bawaslu Jabar juga menilai plastik bungkus kotak suara di gudang rentan rusak jika tidak berhati-hati.


"Mengenai rekomendasi alat bahan itu sudah ditentukan spesifikasinya di PKPU, untuk Kota Tasikmalaya itu sudah sesuai PKPU, memang harus ada kehati-hatian dalam membungkus dan mengikat kotak suara ini," jelas Bambang.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved