Festival Durian di Sukabumi, Si Cokelat Menarik Perhatian Bupati

Festival durian dan makanan hasil olahan durian untuk kedua kalinya digelar di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi selama 3 hari.

Festival Durian di Sukabumi, Si Cokelat Menarik Perhatian Bupati
ISTIMEWA
Festival durian dan makanan hasil olahan durian untuk kedua kalinya digelar selama tiga hari di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi mulai Jumat (1/2/2019) sampai Minggu (3/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Festival durian dan makanan hasil olahan durian untuk kedua kalinya digelar selama tiga hari di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi mulai Jumat (1/2/2019) sampai Minggu (3/2/2019).

Ketua Panitia Festival durian, Usman Abdul Faqih, mengatakan bahwa festival durian Cikakak melibatkan beberapa kecamatan di Kabupaten Sukabumi yakni, Kecamatan Palabuhanratu, Surade, Cisaat, dan Cisolok.

"Festival tahunan ini untuk mendongkrak kunjungan pariwisata Kabupaten Sukabumi, karena di Kabupaten Sukabumi juga mempunyai varietas duren unggulan," kata Usman.

Ia berharap ada sinergitas kerjasama antara petani dengan Pemda terutama Dinas Pada untuk mendongkrak durian lokal Sukabumi.

"Mungkin nanti yang juara diikutkan atau menjadi petani prestasi dan menularkan bibit duren yang bagus kepada warga lainnya," kata Usman.

Bupati Sukabumi Marwan, mengatakan, persoalan untuk mendongkrak ekonomi para petani duren masih terkendala adanya tengkulak yang berkeliaran, sehingga para petani banyak yang tak maksimal menikmati hasil penjualan panen durian.

"Kami nanti akan fasilitasi hasil panen mereka harus punya pasar yang bagus agar kesejahteraan petani durian meningkat," kata Marwan.

Ia berharap efek kunjungan ke Geopark Ciletuh juga memberikan dampak positif terhadap penjualan durian sehingga pengunjung tak hanya menikmati pesona alam Geopark Ciletuh, tapi juga menikmati kuliner durian.

"Ada juga yang dibuat olahan dari durian sehingga bisa dijadikan buah tangan," katanya.

Halaman
12
Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved