Bawaslu Jabar Temukan Sejumlah Kotak Suara dan Segel Rusak di Gudang KPU Kota Tasikmalaya

Bawaslu Jabar menemukan sejumlah logistik pemilu yang rusak di Gudang KPU Kota Tasikmalaya yang berlokasi di Jalan Awipari, Kecamatan Cibereum

Bawaslu Jabar Temukan Sejumlah Kotak Suara dan Segel Rusak di Gudang KPU Kota Tasikmalaya
TRIBUN JABAR/ISEP HERI HERDIANSAH
Komisioner Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jabar, Yulianto menemukan sejumlah surat suara yang sedikit rusak saat melakukan monitoring kesiapan perlengkapan logistik Pemilu 2019 di Gudang KPU Kota Tasikmalaya yang berlokasi di Jalan Awipari, Kecamatan Cibereum, Jumat (1/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Bawaslu Jabar menemukan sejumlah logistik pemilu yang rusak di Gudang KPU Kota Tasikmalaya yang berlokasi di Jalan Awipari, Kecamatan Cibereum, Jumat (1/2/2019).

Hal itu terungkap ketika tim Bawaslu Jabar yang dipimpin Komisioner Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jabar, Yulianto melakukan monitoring kesiapan perlengkapan logistik Pemilu 2019 di Kota Tasikmalaya.

Sejumlah kerusakan ringan yang ditemukan bawaslu tersebut di antaranya untuk sementara 5 kotak suara yang berbahan kardus yang permukaan luarnya sobek, serta empat segel kotak suara yang tidak laik pakai.

"Sejauh ini ada 5 buah kotak dan 4 segel yang sedikit rusak. Untuk kotak suara yang sedikit rusak mungkin bisa digunakan selama aspek kerahasiaan dari isi kotak suara tidak terganggu. Sementara untuk segel sudah pasti tidak bisa digunakan," kata komisioner divisi penyelesaian sengketa Bawaslu Jabar, Yulianto di lokasi.

Dari sisi spesifikasi, kotak suara di Gudang KPU Kota Tasikmalaya sudah sesuai dan bisa digunakan.

Namun bawaslu menemukan plastik pembungkus kotak suara yang dinilai mereka rentan rusak.

"Segi pembungkus kotak suara yang sedikit rentan jika teman-teman KPPS tidak berhati-hati dalam proses membukus dan mengikatnya yang akan berakibat pembungkusnya dan kotak suara robek. Apalagi mengingat saat distribusi dan pemilihan nanti diprakirakan masih musim hujan," tuturnya.

Selebihnya dari hasil uji beberapa sample semisal tinta yang akan digunakan, bawaslu menyimpulkan kualitasnya baik dan segel juga dipastikan tidak bisa ditiru.

Yulianto melanjutkan, dari dari hasil monitoring di Gudang KPU Kota Tasikmalaya, sebagian logistik belum seluruhnya diterima.

"Berdasarakan info yang kami terima dari aspek jumlah logistik terpenuhi, memang ada beberapa item yang masih belum diterima seperti surat suara, formulir-formulir, alat bantu bagi kebutuhan pemilih berkebutuhan khusus," katanya.

Pemprov Jabar Jajaki Obligasi Syariah Sebagai Alternatif Pembiayaan Pembangunan

Jawa Barat Jadi Percontohan, PMI Akan Bangun Lima Zona Penyimpanan Logistik Bantuan Bencana

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved