Bawaslu Jabar Menilai Gudang KPU Pangandaran Kurang Representatif

Bawaslu menilai gudang KPU Pangandaran kurang representatif dan kurang di sisi keamanan.

Bawaslu Jabar Menilai Gudang KPU Pangandaran Kurang Representatif
TRIBUNJABAR/ANDRI M DANI
Kondisi logistik Pemilu 2019 yang disimpan di Gedung Kesenian Ciamis yang kini beralih fungsi jadi gudang KPU Ciamis, Rabu (30/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Berdasarkan monitoring Bawaslu Jabar yang dilakukan di 12 Kota/Kabupaten selama dua pekan terakhir, gudang KPU di Kabupaten Pangandaran dinilai kurang representatif.

Menurut Komisioner Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jabar, Yulianto, gudang KPU yang berada di Pangandaran dinilai kurang luas dan kurang di sisi keamanan.

"Ada beberapa juga gudang yang kami kira kurang representatif, seperti di Pangandaran yang luasnya dan posisinya berdekatan dengan bengkel," kata Yulianto saat ditemui seusai melakukan monitoring di gudang KPU Kota Tasikmalaya, Jumat (1/2/2019).

Yulianto mengatakan jalan menuju gudang KPU Pangandaran bisa diakses oleh siapa saja.

"Kami kira ini akan berisiko dalam pengamanan," katanya.

Berbeda dengan Pangandaran, gudang KPU di Kota Tasikmalaya dinilai cukup refresentatif, tapi menurut Bawaslu ada hal yang perlu diperhatikan jika terjadi keadaan darurat.

"Sementara di Kota Tasikmalaya, kami kira cukup baik, dari segi akses dan luasnya mumpuni untuk menampung logistik, namun yang perlu diperhatikan di sini ialah udaranya cukup panas sehingga harus diantisipasi jika ada kebakaran," ucap Yulianto.

Ia memberikan rekomendasi agar KPU Kota Tasikmalaya untuk mengantisipasi kemungkinan hal itu, terlebih isi gudang didominasi plastik dan kardus.

"Alat pemadam kami lihat terdapat empat harus disebar di beberapa titik gudang jangan terkumpul di satu titik," ujarnya.

Mengenai temuan ini, Yulianto mengatakan pihaknya telah memberikan rekomendasi secara lisan.

Pihaknya juga akan berkordinasi denga KPU tingkat provinsi untuk selanjutnya dijadikan bahan evaluasi.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved