Ketua DPRD Purwakarta Akui Tandatangani SP Perjalanan Dinas Fiktif, Tapi Bingung Jawab Pertanyaan

Ketua DPRD Purwakarta akui tandatangani surat perintah bintek, tapi bingung jawab pertanyaan jaksa dan hakim.

Ketua DPRD Purwakarta Akui Tandatangani SP Perjalanan Dinas Fiktif, Tapi Bingung Jawab Pertanyaan
TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA
Ketua Komisi I DPRD Purwakarta Dendri Miftah Agustian saat melihat tandatangan dirinya tercantum dalam dokumen bintek fiktif, di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (23/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua DPRD Purwakarta Sarif Hidayat mengakui telah menandatangani surat perintah bimbingan teknis (bintek) pada 29 Juli 2016 di Kota Bandung.

Ia dihadirkan sebagai saksi kasus dugaan korupsi perjalanan dinas fikitf dan bintek di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (30/1).

Kasus ini melibatkan dua terdakwa, M Ripai selaku Sekretaris DPRD Purwakarta dan Ujang Hasan Sumardi, ASN Sekretariat DPRD.

Kasus ini merugikan keuangan negara Rp 2,4 miliar.

Pada dua kali sidang sebelumnya, 41 Anggota DPRD Purwakarta dihadirkan sebagai saksi.

Semuanya disodori pertanyaan jaksa soal program kerja bintek bersama Pustaka Pemda di Kota Bandung pada 29 Juli-1 Agustus 2016. Namun, semua anggota dewan mengelak tidak pernah ada bintek pada tanggal tersebut.

Pada sidang hari ini, j‎aksa Kejari Purwakarta menanyakan ihwal surat perintah kegiatan bintek yang ditandatangani Sarif tapi diakui anggota dewan, kegiatan itu tidak pernah ada.

"Pemeriksaan saksi pada anggota Komisi I hingga IV di sidang sebelumnya, mereka bersaksi bahwa tidak ada bintek pada 29 Juli. Bintek itu ditandatangani saudara saksi Sarif Hidayat. Kenapa Anda menandatangani surat perintah yang kegiatannya tidak ada," ujar Hendiko Meisan, jaksa penuntut umum.

Menanggapi pertanyaan itu, Sarif tampak kebingungan. Ia berdalih setiap surat perintah yang ditandatangani olehnya pasti dibubuhi paraf oleh Sekretaris DPRD Purwakarta.

Halaman
123
Penulis: Mega Nugraha
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved