Ubah Kebiasaan Ini agar Nyamuk Tak Berkembang Biak, Terutama Nyamuk Penyebab DBD

Masyarakat harus mulai mengubah kebiasaan yang menyebabkan nyamuk berkembang biak, terutama nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD).

Ubah Kebiasaan Ini agar Nyamuk Tak Berkembang Biak, Terutama Nyamuk Penyebab DBD
Tribun Jabar/Siti Masithoh
Dewi saat mengecek jentik nyamuk Aedes Aigypti yang menyebabkan penyakit DBD di Blok Tuksaji, Kelurahan Babakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jumat (25/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI drg. Oscar Primadi, MPH mengatakan, masyarakat harus mulai mengubah kebiasaan yang menyebabkan nyamuk berkembang biak, terutama nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD).

Perilaku tersebut di antaranya membiarkan pakaian bekas pakai tergantung, tidak menguras bak, membiarkan genangan air seperti di botol-botol bekas, kaleng-kaleng bekas, dan plastik-plastik bekas minuman kemasan di sekitar tempat tinggal.

''Musim penghujan inilah yang kalau kita tidak peduli dengan lingkungan, tidak mau menguras bak mandi, apalagi ban-ban bekas banyak dibiarkan di dekat pemukiman dapat meningkatkan jumlah penyebaran DBD,'' kata Oscar dalam keterangan resmi Kemenkes, Rabu (30/1/2019).

Nyamuk penyebab DBD.
Nyamuk penyebab DBD. (Pixabay.com)

Sementara itu Oscar menyebutkan Kemenkes juga telah melakukan langkah-langkah pencegahan seperti mengirimkan surat edaran kewaspadaan peningkatan kasus DBD kepada semua gubernur maupun mengirimkan logistik seperti insektisida, larvasida ke daerah-daerah.

Selain itu pemerintah juga telah melakukan upaya pencegahan DBD seperti penyelidikan epidemiologi dan penyuluhan, semuanya dilakukan secara komprehensif.

52 Warga Garut Terjangkit DBD, Paling Banyak Berasal dari Limbangan

Ada juga kelompok kerja operasional (Pokjanal) dalam mengatasi masalah DBD di daerahnya masing-masing dan rumah sakit yang disiagakan untuk merawat pasien DBD, karena penderita DBD perlu perawatan intensif di rumah sakit.

''Dalam kondisi seperti ini, semua pihak harus peduli, tidak hanya berharap pada pelayanan kesehatan, petugas kesehatan, tapi juga aktivitas Pokjanal DBD di daerah ini harus dikerahkan karena persoalannya adalah lingkungan,'' pungkas Oscar.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Musim Hujan, Nyamuk Demam Berdarah Mengintai, Ubah Perilaku Ini untuk Menghindarinya".

Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved