Mahasiswa Poltek Piksi Ganesha Bandung Belajar Jurnalistik ke Tribun Jabar

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Pers Kampus Politeknik Piksi Ganesha Bandung belajar jurnalistik di kantor Tribun Jabar

Mahasiswa Poltek Piksi Ganesha Bandung Belajar Jurnalistik ke Tribun Jabar
Tribunjabar.id/Kisdiantoro
Mahasiswa pers kampus Politeknik Piksi Ganesha berkunjung ke Tribun Jabar di Jalan Sekelimus Utara Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (30/1/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Pers Kampus Gema  Suara Politeknik Piksi Ganesha Bandung belajar jurnalistik di kantor Tribun Jabar, Jalan Sekelimus Utara Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (30/1/2019).

Manajer Liputan Tribun Jabar, Machmud Mubarok di hadapan para mahasiswa Politeknik Piksi Ganesha, membagikan pengalamannya selama menjadi wartawan.

Ada banyak kisah yang mengesankan, di anataranya ketika dia harus mendapatkan ancaman karena menulis sebuah berita.

"Itu risiko menjadi wartawan. Kadang mendapatkan teror, tapi selama mengikuti aturan dan kode etik (wartawan). Masalah bisa diselesaikan," ujarnya.

Dia menjelaskan, wartawan adalah profesi mulia, melalui tulisan akan terjadi perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik, menjadi alat kontrol penguasa atau pemerintah, memberikan pencerahan, sekaligus menghibur masyarakat.

Mahasiswa pers kampus Politeknik Piksi Ganesha berkunjung ke Tribun Jabar di Jalan Sekelimus Utara Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (30/1/2019).
Mahasiswa pers kampus Politeknik Piksi Ganesha berkunjung ke Tribun Jabar di Jalan Sekelimus Utara Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (30/1/2019). (Tribunjabar.id/Kisdiantoro)

Pertanyaan kemudian bermunculan dari mahasiswa yang tergabung di pers kampus Gemasuara itu.

Termasuk di antaranya pertanyaan tentang dunia online yang kini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia.

Vanessa Angel Ngaku ke Pacar, Foto Tanpa Busana yang Viral Diambil saat Bersama Faye Nicole Jones

"Mengapa penulisan dan penjudulan di online berbeda dengan di cetak," tanya Rian Hamdani, ketua Pers Kampus Gemasuara.

Kisdiantoro, Manajer Online Tribunjabar.id menjelaskan, editorial di media online memang berbeda dengan media cetak.

Alasannya, berita media online menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan oleh masyarakat yang mengakses tribunjabar.id.

"Para pengakses berita Tribunjabar.id atau media online, 80 persen lebih menggunakan smartphone. Maka, paragraf pun harus pendek-pendek, agar nyaman dibaca. Judul harus menarik agar pembaca juga membaca isinya," jelas Kisdiantoro.

Pertemuan itu diakhiri dengan pemeberian cenderamata dari mahasiswa Politeknik Piksi Ganesha kepada Manajer Liputan Mahmud Mubarok.

Tabloid Indonesia Barokah yang Dikirim ke Ponpes di Sumedang, Tak Pernah Dibaca Pengurus Ponpes

Penulis: Kisdiantoro
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved