Bawaslu Jabar Temukan Segel Lapuk dan Belum Semua Template Braille Diterima KPU Kabupaten Kota

Bawaslu Jabar menemukan adanya segel lapuk dan belum semua templae braille untuk Pemilu 2019 diterima KPU di daerah.

Bawaslu Jabar Temukan Segel Lapuk dan Belum Semua Template Braille Diterima KPU Kabupaten Kota
TRIBUNJABAR/ANDRI M DANI
Kondisi logistik Pemilu 2019 yang disimpan di Gedung Kesenian Ciamis yang kini beralih fungsi jadi gudang KPU Ciamis, Rabu (30/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNTRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Badan Pengawas Pemilu Jawa Barat ( Bawaslu Jabar) menemukan adanya segel lapuk dan belum semua templae braille untuk Pemilu 2019 diterima KPU di daerah.

Komisioner Bawaslu Jabar Divisi Penyelasaian Sengketa, Yulianto saat melakukan pengecekan logistik yang sudah diterima di KPU Kabupaten Ciamis mengatakan dari serangkaian pengecekan yang dilakukan Bawaslu Jabar terhadap logistik pemilu yang sudah didistribusikan ke tingkat kabupaten/kota di Jabar ditemukan beberapa persoalan yang penting.

“Kemarin kami melakukan pengecekan logistik ( Pemilu 2019) di Bandung dan Cimahi. Hari ini kami berada di wilayah zona I Priangan Timur, di Ciamis setelah itu terus ke Banjar, Pangandaran, dan Tasikmalaya,” ujar Yulianto, kepada Tribun Jabar dan wartawan lainnya di Gedung Kesenian Ciamis yang kini menjadi gudang logistik KPU Ciamis, Rabu (30/1/2019).

CEK LOGISTIK PEMILU 2019 – Komisioner Bawaslu Jabar, Yulianto (baju putih pakai peci) melakukan pengecekan logistik Pemilu 2019 yang disimpan di Gedung Kesenian Ciamis yang kini beralih fungsi jadi gudang KPU Ciamis, Rabu (30/1/2019).
CEK LOGISTIK PEMILU 2019 – Komisioner Bawaslu Jabar, Yulianto (baju putih pakai peci) melakukan pengecekan logistik Pemilu 2019 yang disimpan di Gedung Kesenian Ciamis yang kini beralih fungsi jadi gudang KPU Ciamis, Rabu (30/1/2019). (TRIBUNJABAR/ANDRI M DANI)

Saat melakukan pengecekan di gudang KPU Kota Bandung, kata Yulianto, pihaknya menemukan segel yang disimpan dalam amplop sudah dalam kondisi lapuk.

“Kami tidak tahu kenapa sampai lapuk. Dan apa penyebabnya kami juga tidak mengetahui. Di Ciamis kami melakukan uji coba kekuatan kotak suara dan mencoba tinta celup. Kami menilai kotak suara dan tinta yang sudah diterima KPU Ciamis layak digunakan untuk pemilu. Gedung ini juga layak untuk menjadi tempat penyimpanan logistik (pemilu),” kata Yulianto di gudang logistik KPU Ciamis, yang saat itu juga hadir Ketua KPU Ciamis Dr H Agus Fatah Hidayat SH MH dan jajaran komisioner KPU Ciamis, komisioner Bawaslu Ciamis, Syamsul Maarif, juga hadir Kabag Ops Polres Ciamis Kompol Sumari dan jajarannya.

Karena soal segel itu adalah hal yang penting, yakni untuk penyelamatan dokumen Pilpres 2019, maka saat itu juga Bawaslu Jabar menyarankan KPU Kota Bandung untuk segera mengusulkan penggantinya.

Sementara di KPU Ciamis pihak Bawaslu Jabar menemu beberapa kekurangan kelengkapan logistik pemilu untuk TPS.

Terutama berupa alat bantu atau alat pemandu bagi pemilih dari kalangan penyandang tuna netra berupa template braille.

“Template braille baru ada untuk Pilpres dan Pemilihan Anggota DPD. Sementara untuk Pileg tingkat DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi Jabar dan DPR RI belum ada,”  ujar Yulianto yang pada kesempatan tersebut juga sempat melakukan uji coba kekuatan kotak suara yang terbuat dari karton/kardus khusus.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved