Penderita Demam Berdarah di Kabupaten Sumedang Bertambah Jadi 99 Orang

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang mencatat, 99 warga Sumedang terkena demam berdarah dengue (DBD)

Penderita Demam Berdarah di Kabupaten Sumedang Bertambah Jadi 99 Orang
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Pasien Demam Berdarah Dangue (DBD) di Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) Soreang Kabupaten Bandung tengah diperiksa kondisi tubuhnya oleh perawat, Jumat (25/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang mencatat, 99 warga Sumedang terkena demam berdarah dengue (DBD) akibat terpapar virus karena gigitan nyamuk aides aegypti.

Dari 99 kasus DBD yang terjadi di Kabupaten Sumedang pada awal 2019, 52 orang mengalami gejala DBD sedangkan 47 orang lainnya positif terkena DBD.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Sumedang, Anna Hernawati Sabanna, mengatakan 47 orang yang positif terkena penyakit DBD.

Saat ini, sebagian dari mereka menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang dan pelayanan rumah sakit lainnya.

"Paling banyak di RSUD, karena sebelumnya pasien dirawat di puskesmas, kemudian di rujuk ke rumah sakit," kata Anna di Kantor Dinkes Kabupaten Sumedang, Jalan Kutamaya, Selasa (29/1/2019).

Banyak Orang Tua yang Sembunyikan Anak Berkebutuhan Khusus di Rumah, Padahal Ini Bahayanya

Dua Warga Kota Tasikmalaya Meninggal Dunia karena DBD, Total Terjadi 53 Kasus DBB

Kasus DBD yang terjadi pada Januari yang menimpa 99 orang warga Kabupaten Sumedang, ini merupakan warga dari 23 kecamatan dan mengalami peningkatan dibandingkan pekan lalu.

Pada pekan lalu, warga yang terkena DBD sebanyak 97 orang, 84 orang mengalami gejala DBD sedangkan 13 lainnya dinyatakan positif DBD.

Dari pihak RSUD Sumedang yang berhasil dihimpun Tribun Jabar, kasus gejala DBD di Kabupaten Sumedang, mengalami peningkatan signifikan sejak Oktober 2018.

Pada Oktober 2018, sebanyak 48 orang dirawat di RSUD Sumedang, November 56 orang, Desember 137 orang, dan hingga hari ini 157 orang.

"Dua orang pasien DBD meninggal dunia tetapi bukan warga Sumedang," kata Humas RSUD Sumedang, Iman Budiman, beberapa waktu lalu.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved