Olah TKP Kecelakaan Maut, Posisi Terakhir Perseneling Bus Bima Suci Dalam Keadaan Netral

Pemeriksaan lanjutan terhadap Bus Bima Suci yang mengalami kecelakaan di Tol Cipularang KM 70, Purwakarta kembali dilakukan pada Selasa (29/1/2019).

Olah TKP Kecelakaan Maut, Posisi Terakhir Perseneling Bus Bima Suci Dalam Keadaan Netral
TRIBUN JABAR/HARYANTO
Bus Bima Suci yang mengalami kecelakaan di Tol Cipularang KM 70 saat akan dievakuasi menggunakan mobil derek Jasa Marga, Selasa (29/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA -  Pemeriksaan lanjutan terhadap Bus Bima Suci yang mengalami kecelakaan di Tol Cipularang KM 70, Purwakarta kembali dilakukan pada Selasa (29/1/2019).

Selain dari tim Traffic Accident Analyst (TAA) Polda Jabar dan Satlantas Polres Purwakarta, adapun tim ahli dari Agen Pemegang Merek (APM) Hino.

Seusai dilakukan pemeriksaan pada kondisi terakhir bus, Kasatlantas Polres Purwakarta, AKP Ricky Adipratama menyebut bahwa perseneling bus dalam keadaan netral.

"Saat dilihat, kondisi terakhir saat ini dalam posisi netral. Mungkin dugaannya ke sana (pengemudi menetralkan perseneling saat turunan), tapi hasil ini belum bisa dipastikan, jadi kami masih dalam dugaan," kata Ricky seusai mengawal proses pemeriksaan tim dari APM di lokasi kecelakaan, Desa Cigelam, Babakan Cikao, Purwakarta.

Menurut Ricky, olah TKP hari kedua ini masih termasuk tahap pemeriksaan awal.

Selain mengamati perseneling, tim juga mengecek kondisi ban, rem, kemudi bus, dan sejumlah tuas di dalam bus.

Selain menemukan posisi perseneling yang netral, kondisi satu ban sebelah kanan didapati dalam keadaan pecah.

"Tuas gas, rem, kopling dan kemudi masih dalam keadaan baik. Hanya kondisi ban, kami akan selidiki pecahnya itu sebelum kejadian atau akibat kecelakaan," ucap dia.

Usai dilakukan pengecekan pada posisi terakhir kecelakaan, bangkai bus yang rusak berat itu dibawa ke pull derek di gerbang tol Jatiluhur.

Di lokasi tersebut, Ricky menyebut akan ada pemeriksaan lain yang lebih mendalam guna melengkapi keterangan.

Bersama tim gabungan, nantinya bus bernopol A 7520 CS itu akan kembali dicek dan diperiksa agar penyebab utama kecelakaan bisa diketahui.

"Akan dibawa ke pull derek Jatiluhur, kemudian nanti akan ada pemeriksaan lanjutan dari pihak APN pusat," ujarnya menambahkan.

KPU Jabar Bakal Dapat Dana Hibah Rp 4 Miliar dari Pemprov Untuk Operasional dan Pemeliharaan Aset

Baru Sehari di Penjara, Foto Ahmad Dhani Bareng Napi Beredar Luas, Mulan Unggah Pesan Motivasi

 

 


Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved