Waspada DBD

Dinkes Sumedang Tegaskan Bubuk Abate Gratis, Masyarakat Bisa Memintanya di Puskesmas

Dinas Kesehatan Sumedang tegaskan bubuk abate gratis. Masyarakat bisa memintanya di puskesmas.

Dinkes Sumedang Tegaskan Bubuk Abate Gratis, Masyarakat Bisa Memintanya di Puskesmas
SERAMBINEWS.COM
Ilustrasi abate. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Pembagian bubuk abate yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang secara gratis ternyata dimanfaatkan oleh sejumlah pihak yang mengatasnamakan dari pegawai dinas kesehatan.

Dalam praktiknya, bubuk abate tersebut dijual oleh sejumlah orang tidak dikenal dari satu rumah ke rumah lainnya dengan harga Rp 5 hingga Rp 10 ribu per bungkus.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Sumedang, Anna Hernawati Sabana, mengatakan, bubuk abate dibagikan kepada masyarakat secara gratis dan disebar oleh masing-masing petugas puskesmas kecamatan.

Bila masih ditemukan ada orang atau pihak yang menjual bubuk abate mengatasnamakan dari Dinkes Kabupaten Sumedang masyarakat diminta untuk menanyakan identitas detail petugas tersebut.

"Laporkan saja bila melihat, karena tidak ada istilahnya Dinkes menjual obat abate kepada masyarakat," kata Anna Hernawati Sabana di Kantor Dinkes Kabupaten Sumedang, Jalan Kutamaya, Selasa (29/1/2019).

Dinkes Sumedang Gencarkan Kembali Program Satu Rumah Satu Jumantik

Penderita Demam Berdarah di Kabupaten Sumedang Bertambah Jadi 99 Orang

Anna mengatakan, untuk bisa mendapatkan bubuk abate gratis, warga melalui persetujuan pihak RT atau RW bisa mendatangi puskesmas, agar diberikan bubuk abate.

Penggunaan bubuk abate, kata Anna Hernawati Sabana, disarankan hanya digunakan pada tempat penampungan air besar yang tidak memungkinkan dibersihkan secara berkala.

"Kalau bak kecil rumah lebih dibersihkan saja seminggu sekali, kalau itu besar boleh pakai bubuk abate," kata Anna Hernawati Sabana.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved