Waspada DBD

Dinkes Sumedang Gencarkan Kembali Program Satu Rumah Satu Jumantik

Kepala Dinkes Kabupaten Sumedang Anna Hernawati Sabana, menyebutkan, pihaknya akan kembali menggencarkan program satu rumah satu juru pemantau jenti

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang Anna Hernawati Sabana, menyebutkan, pihaknya akan kembali menggencarkan program satu rumah satu juru pemantau jentik (jumantik).

Program tersebut dilakukan untuk menekan jumlah kasus penyakit demam berdarah dengue (DBB), yang terus mengalami peningkatkan jumlah pasien.

Anna mengatakan, program satu rumah satu jumantik telah dilakukan pada beberapa tahun lalu oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, sesuai intruksi dari Kementrian Kesehatan RI.

"Tugas jumantik itu memantau apakah daerah tersebut ada tempat tumbuhnya jentik nyamuk atau tidak," kata Anna
di Kantor Dinkes Kabupaten Sumedang, Jalan Kutamaya, Selasa (29/1/2019).

Meski ada jumantik, kata Anna, hal tersebut akan terbilang percuma bila masyarakat belum sadar pentingnya pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan menganggap DBD adalah yang biasa terjadi pada musim penghujan.

"Contoh, bila ada sepuluh rumah dan satu rumah tidak melaksanakan PSN, maka satu rumah itu akan menyebarkan nyamuk ke rumah lainnya. Ini artinya semua melakukan, tanpa terkecuali," katanya.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, Dinkes Kabupaten Sumedang mencatat, 99 orang warga Sumedang terkena DBD akibat gigitan terpapar virus dari nyamuk aides aegypti,

99 kasus DBD yang terjadi di Kabupaten Sumedang pada awal 2019, 52 orang mengalami gejala DBD, sedangkan 47 orang lainnya positif terkena DBD.

Kasus DBD di Kabupaten Sumedang, mulai mengalami peningkatan yang signifikan sejak Oktober 2018.

Pada Oktober 2018, sebanyak 48 orang dirawat di RSUD Sumedang, November 56 orang, Desember 137 orang, Januari hingg 157 orang.

Ini Tanggapan Sri Mulyani Atas Kritikan Ekonom Faisal Basri Soal Utang Pemerintah Bengkak

Laga Persib vs Persiwa Akan Disaksikan Langsung Simon McMenemy, Akan Memantau Siapa?



Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved