Waspada DBD

Dinkes Klaim Warga yang Positif DBD Alami Penurunan, Dibandingkan Bulan Januari Tahun Lalu

Dinkes Sumedang mengklaim warga yang positif terkena DBD alami penurunan.

Dinkes Klaim Warga yang Positif DBD Alami Penurunan, Dibandingkan Bulan Januari Tahun Lalu
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Seorang anak pasien demam berdarah tengah dirawat di RSUD Sumedang, Kamis (24/1/2019). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang mengklaim warga yang positif terkena penyakit demam berdarah dengue (DBD) mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

Pada tahun lalu, Januari 2018, jumlah warga di Kabupaten Sumedang yang terbukt positif DBD sebanyak 60 orang, sedangkan di Januari 2019 ini hanya 47 orang.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Sumedang, Anna Hernawati Sabanna, mengatakan, penurunan tersebut terjadi karena sebagian besar masyarakat mulai sadar terhadap bahaya penyakit DBD yang kerap menyerang pada musim penghujan.

"Masyarakat sudah ada yang peduli dengan cara melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN)," kata Anna Hernawati Sabanna di Kantor Dinkes Kabupaten Sumedang, Jalan Kutamaya, Selasa (29/1/2019).

Kendati mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu, pihak Dinkes Kabupaten Sumedang masih terus melakukan upaya pencegahan penyakit DBD semakin mewabah.

Anna mengatakan, upaya yang dilakukan oleh Dinkes Kabupaten Sumedang, yakni memerintahkan kepada petugas puskesmas masing-masing kecamatan untuk melakukan penyuluhan.

"Tetapi, peran dari dinkes tidak akan efektif bila masyarakat tidak mau bekerjasama berantas wabah DBD. Pokoknya harus waspada," kata Anna Hernawati Sabanna.

Kendati dalam status waspada, Dinkes Kabupaten Sumedang belum menetapkan wabah DBD di Sumedang sebagai kejadian luar biasa (KLB).

"Penetapan KLB apabila ada peningkatan kasus dua kali lipat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," kata Anna Hernawati Sabanna.

Dari informasi, kasus gejala atau suspect DBD di Kabupaten Sumedang, mulai mengalami peningkatan yang signifikan sejak Oktober 2018.

Pada Oktober 2018, sebanyak 48 orang dirawat di RSUD Sumedang, November 56 orang, Desember 137 orang, dan hingga hari ini 157 orang.

47 orang yang positif terkena DBD, sebagian besar masih melakukan perawatan di RSUD Sumedang, Jalan Prabu Geusan Ulun, Kabupaten Sumedang.

Tips Cegah Demam Berdarah DBD, Termasuk Tidak Gantung Pakaian Bekas Pakai

Penderita Demam Berdarah di Kabupaten Sumedang Bertambah Jadi 99 Orang

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved