Di Ciamis, Sudah 43 Warga Terpaksa Dirawat Akibat Terjangkit Demam Berdarah Dengue

Sampai Selasa (29/1/2019) selama tahun 2019 ini, sebanyak 43 warga Ciamis terpaksa dirawat karena terjangkit demam berdarah dengue (DBD).

Di Ciamis, Sudah 43 Warga Terpaksa Dirawat Akibat Terjangkit Demam Berdarah Dengue
Pixabay.com
Nyamuk penyebab DBD. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Sampai Selasa (29/1/2019) selama tahun 2019 ini, sebanyak 43 warga Ciamis terpaksa dirawat karena terjangkit demam berdarah dengue (DBD).

Dari 43 orang warga Ciamis yang kena penyakit tersebab gigitan nyamuk Aedes aegypti tersebut, 25 orang di antaranya adalah perempuan dan 18 orang laki-laki.

“Terbanyak dari usia produktif antara 15 tahun sampai 44 tahun, ada 20 orang,” ujar Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) dr H Yoyo yang didampingi pelaksana seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P3M) Dinkes Ciamis, H Pendi kepada Tribun Jabar, di Ciamis, Selasa.

Dari 43 warga Ciamis yang poisitif mengidap DBD dan sempat dirawat di rumah sakit, klinik, maupun puskesmas tersebut tidak ada dari golongan balita (0-4).

Ratusan Kepsek SD dan SMP Negeri di Bandung Diberi Edukasi Pencegahan dan Penanggulangan DBD

Warga yang terjangkit DBD dari kalangan anak dan remaja (5-14 tahun) sebanyak sembilan orang, dari kalangan usia produktif (15-44 tahun) sebanyak 20 orang, dan dari usia di atas 44 tahun sebanyak 14 orang.

Mengingat tingginya angka kasus DBD di kalangan remaja usia sekolah dan orang dewasa usia kerja tersebut, diperkirakan serangan DBD yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes aegypti tersebut terjadi tidak hanya di lingkungan rumah tinggal.

Dinkes mewaspadai DBD juga bisa menjangkit di tempat kos, lingkungan sekolah, maupun kantor tempat kerja.

Lebih lanjut, dijelaskan, kalangan yang banyak terjangkit DBD adalah perempuan (25 orang) baik dari usia 5-14 tahun, 15-44 tahun maupun di atas usia 44 tahun.  

Daerah yang terbanyak kasus DBD-nya adalah wilayah Kecamatan Ciamis kota yaitu terjadi 12 kasus selama awal tahun 2019 ini 

Penulis: Andri M Dani
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved