Awal Tahun 2019, KPAID Tasikmalaya Sudah Terima 8 Laporan Kasus Kekerasan Terhadap Anak

Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya sudah menerima delapan laporan kasus kekerasan terhadap anak pada awal tahun.

Awal Tahun 2019, KPAID Tasikmalaya Sudah Terima 8 Laporan Kasus Kekerasan Terhadap Anak
Pixabay.com
Ilustrasi kekerasan anak. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya sudah menerima delapan laporan kasus kekerasan terhadap anak pada awal tahun ini.

Dari semua aduan kasus yang diterima, Ketua KPAID Kabupaten Tasikmalaya, Ato Rinanto mengatakan, enam di antaranya adalah aduan kasus kekerasan seksual terhadap anak.

"Semuanya sedang dalam proses, korbannya mulai dari anak yang masih di sekolah dasar yakni 6 tahun sampai di bawah 17 tahun," kata Ato saat dihubungi, Selasa (29/1/2019).

Menurut Ato, dalam hal perlindungan terhadap anak di Kabupaten Tasikmalaya, kondisinya sudah sangat kritis dan perlu segera disikapi bersama.

Angka Kekerasan terhadap Anak Selama 2018 Meningkat, Ada Pertambahan Sekitar 300 Kasus

Selama 2018, KPAID menangani kasus kekerasan terhadap anak sebanyak 58 kasus.

"Dari semua kasus yang kami tangani di 2018, hampir 80 persen di antaranya adalah kekerasan seksual terhadap anak," tutur Ato.

Selama ini, menurut Ato, pelaku dari kekerasan seksual terhadap anak didominasi oleh orang-orang terdekat korban.

Menurutnya, faktor pendorong banyaknya kasus kekerasan terhadap anak termasuk asusila ini dipengaruhi banyaknya pola asuh keluarga yang bermasalah serta pengawasan orang tua yang tidak maksimal.

Sedangkan, dampak yang paling merugikan dari kekerasan yang diterima anak ialah kondisi traumatik yang pemulihannya membutuhkan waktu tidak sebentar.

"Pemulihan psikis anak yang menjadi korban itu membutuhkan waktu yang cukup lumayan lama," kata Ato.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved