Samsat J'bret Launching, Warga Bisa Bayar Pajak Kendaraan Tahunan di Minimarket & Toko Online

Warga Jabar kini bisa bayar pajak kendaraan tahunan di minimarket dan aplikasi belanja online.

Samsat J'bret Launching, Warga Bisa Bayar Pajak Kendaraan Tahunan di Minimarket & Toko Online
Tribun Jabar/Muhammad Syarif Abdussalam
Peluncuran Samsat J'bret. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warga Jawa Barat kini bisa membayar pajak kendaraan tahunan lewat layanan terbaru Bank BJB.

Inovasi tersebut diberi nama Layanan Samsat J’bret (Samsat Jawa Barat Ngabret) yang diluncurkan di Gedung Sate, Senin (28/1/2019).

Layanan Samsat J’bret adalah sebuah inovasi yang memudahkan warga dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan di wilayah hukum Polda Jawa Barat.

Warga bisa membayar pajak di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart serta aplikasi belanja online seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Layanan Samsat J’bret merupakan komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat khususnya Badan Pendapatan Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Bank Bjb untuk meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat atau wajib pajak secara cepat, tepat, dan akurat.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan sebagaian besar masyarakat Jabar yang jumlahnya 45 juta orang bergerak dengan kendaraan bermotor.

Jangan sampai, kata Ridwan Kamil, mereka jadi tidak produktif karena harus meluangkan waktu mengurus dokumen dan mengantre di Samsat.

"Makanya lahir ini, Samsat J'bret, bayar pajak kendaraan bermotornya banyak pilihan. Yang senang main digital bayarnya tentu via Bukalapak atau Tokopedia. Yang senang ke warung, bayar di warung (minimarket). Tinggal finishing akhirnya bisa dilakukan juga di BJB atau 44 polres," kata Ridwan Kamil.

Emil berharap dengan sistem ini negara yang mendatangi warga untuk melayani. Warga tak harus selalu datang ke kantor pemerintahan.

Saat ini terdapat hampir 43 titik Samsat Outlet Bank BJB yang tersebar di wilayah Jawa Barat untuk memberikan kemudahan dan lebih mendekatkan terhadap masayarakat Jawa Barat yang akan melakukan kewajibannya dalam melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.

Layanan E-Samsat Jabar yang telah diluncurkan Pada 22 November 2014, Tabungan Samsat dengan tag line “Melawan Lupa” yang dilaunching tahun 2016 merupakan program unggulan dari Tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Barat bersama Bank BJB.

Aplikasi yang juga tidak kalah mudah yaitu SAMBARA, yang dalam aplikasi tersebut wajib pajak dapat memperoleh info pajak serta dapat dengan mudah melakukan pembayaran secara langsung melalui SAMBARA. Aplikasi SAMBARA langsung terintegrasi dengan bjb SMS dan bjb NET.

Untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan, wajib pajak tak perlu datang ke Kantor Samsat. cukup mengakses aplikasi SAMBARA yang dapat diunduh melalui play store.

Setelah mengunduh aplikasi SAMBARA, Wajib Pajak melakukan registrasi dengan melakukan input No Pol, NIK, dan 5 Digit nomor rangka terakhir yang terdapat pada STNK kendaraan.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved