Amankan Pemilu Polres Sumedang Kerahkan 827 Personel, Siagakan Pasukan Cadangan Antisipasi Konflik

Amankan Pemilu 2019 Polres Sumedang kerahkan 827 personel. Siagakan pasukan cadangan yang diterjunkan jika ada konflik yang libatkan massa.

Amankan Pemilu Polres Sumedang Kerahkan 827 Personel, Siagakan Pasukan Cadangan Antisipasi Konflik
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Anggota polisi bersiaga di depan kantor KPU Sumedang massa peserta aksi berdatangan. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Menjelang pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) 2019, Kepolisian Resor (Polres) Sumedang akan bersiaga untuk melakukan pengamanan untuk menghindari terjadinya konflik.

Dalam pengamanan tersebut, Polres Sumedang menerjunkan sebanyak 827 personel, yang nantinya akan disebar ke seluruh wilayah Kabupaten Sumedang, termasuk tempat pemungutan suara (TPS).

Kapolres Sumedang, AKBP Hartoyo, mengatakan, 827 personel tersebut adalah 2/3 dari bagian kekuatan Polres Sumedang, beserta pasukan cadangan yang nantinya akan diterjunkan bila terjadi konflik yang melibatkan massa.

"Meminimalisir hal yang tidak diinginkan, sehingga kami turunkan 2/3 kekuatan," kata AKBP Hartoyo saat ditemui di Mapolres Sumedang, Jalan Prabu Gajah Agung, Senin (28/1/2019).

Dalam upaya pengamanan pemilu 2019, Polres Sumedang melakukan simulasi pengamanan unjuk rasa di halaman Mapolres Sumedang. Ini bagian dari operasi bersandi Mantap Brata 2019.

Massa Datangi Kantor KPU Sumedang, Tuntut Pemilihan Ulang, Bentrok dengan Polisi

Menurut pantaun Tribun Jabar, dalam simulasi tersebut puluhan massa mendatangai halaman Mapolres Sumedang yang dijadikan sebagai Kantor KPU Sumedang.

Saat mendatangi halaman kantor KPU Sumedang, massa terus meneriakkan pemilihan ulang harus segera dilakukan karena terindikasi ada kecurangan sehingga merugikan salah satu pasangan calon.

"Pokoknya harus diulang, kami tidak terima," teriak koordinator aksi.

Kericuhan terjadi setelah itu. Seorang peserta unjuk rasa, mengalami luka karena mencoba melukai anggota kepolisian yang tengah bertugas.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved