Harus Ada Tersangka Baru dalam Kasus Perjalanan Dinas Fiktif DPRD Purwakarta

Aktivis anti-korupsi menilai Kejari Purwakarta harus menetapkan tersangka baru terkait kasus dugaan korupsi perjanalan dinas fiktif.

Harus Ada Tersangka Baru dalam Kasus Perjalanan Dinas Fiktif DPRD Purwakarta
TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA
Ketua Komisi I DPRD Purwakarta Dendri Miftah Agustian saat melihat tandatangan dirinya tercantum dalam dokumen bintek fiktif, di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (23/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Aktivis anti-korupsi Kabupaten Purwakarta, Doni Irawadi, mendesak Kejaksaan Negeri Purwakarta menetapkan tersangka baru kasus dugaan korupsi perjalanan dinas dan bimbingan teknis (bintek) fiktif di DPRD Purwakarta.

Desakan itu terkait terungkapnya fakta persidangan yang menyebut pimpinan DPRD Purwakarta menandatangani surat perintah bintek pada 29 Juli 2016 di Kota Bandung dan diakui 40 anggota dewan.

Bintek tersebut tidak ada sedangkan ada pengeluaran uang terkait bintek tersebut.

"Fakta sidang mengungkap bahwa bintek 29 Juli 2016 di Kota Bandung itu tidak pernah ada. Tapi ada surat perintahnya yang ditanda tangani pimpinan DPRD. Dengan fakta itu, seharusnya Kejari Purwakarta menetapkan tersangka baru," ujar Doni via ponselnya, Minggu (27/1/2019).

Kasus ini melibatkan dua terdakwa M Ripai dan Heri Hasan Sumardi‎ selaku ASN sekretariat DPRD Purwakarta.

Dalam berkas dakwaan jaksa, keduanya melakukan perbuatan melawan hukum yang merugikan keuangan negara Rp 2,4 miliar.

Doni menambahkan, keterangan saksi anggota DPRD Purwakarta di persidangan termasuk alat bukti yang diatur di dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (Kuhap).

Pengakuan anggota dewan di persidangan tidak boleh diabaikan.

"‎Belum lagi ada alat bukti lain berupa audit kerugian negara serta unsur perbuatan melawan hukum yang dilakukan terdakwa. Menurut pendapat saya, penyidik kejaksaan sudah punya dua alat bukti yang cukup untuk menetapkan tersangka baru, yakni pembuat surat perintah bintek 29 Juli itu," kata Doni.

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved