Gelorakan Santri Tani Milenial, Kementan Siapkan Bantuan 1 Juta Ekor Ayam untuk Santri di Indonesia

"Kami akan memberikan secara gratis satu juta ekor ayam untuk santri di seluruh Indonesia," kata kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman

Gelorakan Santri Tani Milenial, Kementan Siapkan Bantuan 1 Juta Ekor Ayam untuk Santri di Indonesia
Tribun Jabar/Isep Heri
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman secara simbolis melepas truk pembawa ayam bantuan untuk santri di acara peresmian santri tani milenial di Lapangan Pasar Munding, Desa Kamulyan, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (25/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA- Kementerian pertanian menyiapkan satu juta ekor ayam khusus untuk diberikan kepada santri di ponpes-ponpes di Indonesia.

"Insya Allah, dalam waktu dekat, kami akan memberikan secara gratis satu juta ekor ayam untuk santri di seluruh Indonesia atas arahan bapak presiden," kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat ditemui seusai meresmikan Santri Tani Milenial di Lapangan Pasar Munding, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (25/1/2019).

Selain bantuan bibit ayam, kementan juga menyiapkan bantuan lainnya berupa anakan kambing dan sapi serta bibit tanaman holtikultura juga alat mesin pertanian kepada santri di Indonesia.

Sejumlah bantuan di bidang pertanian yang langsung diberikan kepada santri ini disebut Mentan merupakan instrumen dari program santri tani milenial yang hari ini diresmikan.

Andi Amran Sulaiman menyatakan, memperkenalkan dan menggerakkan santri milenial adalah pilihan strategis untuk regenerasi dan meningkatkan produktivitas pertanian.

Kilas Balik Tampomas II Terbakar 32 Tahun Lalu, Pada 25 Januari Mulai Muncul Asap dari Mesin Kapal

Jabar Ingin Kebut Rencana Pembangunan Tol Jakarta-Cikampek Selatan

Pelibatan para santri dalam pertanian, ujar dia, merupakan bagian dari program yang lebih besar yakni gerakan 1 juta petani milenial yang sudah ditetapkan sebagai program prioritas membangun manusia Indonesia di 2019.

Melalui program ini, ucap Andi Amran Sulaiman, para santri kini mendapat porsi bantuan dari pemerintah dalam bidang pertanian.

"Kami sudah buat peraturan agar mereka (santri) bisa akses langsung ke Kementerian tanpa prosedur yang berbelit," ujar Andi Amran Sulaiman.

Melalui program santri tani millenial ini, Andi Amran Sulaiman berharap para santri bisa secara mandiri bisa mengelola pemenuhan gizi mereka sehari-hari.

"Tujuannya untuk pemenuhan gizi, kesejahteraan santri, dan memberikan gambaran wirausaha bagi para santri sehingga ke depan lahir konglomerat dari santri," katanya.

Mengawali penyaluran bantuan, pada peresmian santri tani milenial, Kementan membagikan sejumlah bantuan ternak; 102 ekor sapi, 500 ekor kambing/domba, dan 10 ribu ekor ayam, serta bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa 10 unit traktor roda dua.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved