Yuk Rehat Sejenak di Kebun Ciasmay di Cianjur Selatan, Berhawa Sejuk dan Angin Sepoi-sepoi

Deretan pohon palem terlihat berjejer di pintu masuk kebun. Sebuah gapura kecil bertuliskan selamat datang di Kebun Ciasmay

Yuk Rehat Sejenak di Kebun Ciasmay di Cianjur Selatan, Berhawa Sejuk dan Angin Sepoi-sepoi
tribunjabar/ferri amiril mukminin
Kebun Ciasmay di Cianjur Selatan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Mata air yang semula diperuntukkan mengairi kebun dan lahan warga yang berada di bawahnya, kini berubah menjadi danau besar. Danau tersebut awalnya dikelilingi kebun jeruk.

Deretan pohon palem terlihat berjejer di pintu masuk kebun. Sebuah gapura kecil bertuliskan selamat datang di Kebun Ciasmay terlihat ketika kita masuk lebih dalam ke area danau dan perkebunan yang dikelola secara pribadi ini.

Beberapa pemancing asyik duduk di pinggir danau, matanya fokus pada pelampung di tengah danau. Angin sepoi-sepoi membuat udara di sekitar kebun Ciasmay cukup sejuk.

Di ujung danau terlihat sebuah rumah dan saung saung milik pengelola kebun.

Seorang penjaga kebun, Timotius (40), mengatakan, bahwa sejak perkebunan jeruk mengalami gulung tikar, pengelola selanjutnya menggunakan lahan untuk bertanam sayuran.

Driver Ojol Cantik, Ira Marcellia Citra, Mulai dari Diminta Tukar Tempat Duduk hingga Diajak Menikah

"Dulu ini katanya kebun jeruk namun mengalami gulung tikar, jadi pengelola saat ini menggunakan lahan untuk bertanam sayuran," ujar Timotius.

Kebun Ciasmay dan danaunya masuk ke dalam wilayah Kampung Ciasmay, Desa Sukakarya, Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur. Kebun Ciasmay memiliki luas sekitar 120 hektare.

"Cerita dari yang dulu di sini, semula membuat mata air untuk irigasi lahan warga Kampung Ciroyom yang berada di bawah, dan sumber air area perkebunan," kata Timotius di lokias, Kamis (24/1/2019).


Areanya yang sejuk dan pemandangannya yang masih alami, membuat Kebun Ciasmay kerap dijadikan tempat beristirahat bagi para offroader atau trailer yang mengunjungi kawasan Sukanegara Cianjur selatan.

Topografi kebun yang berbukit dan berkembang rendah ini makin enak dipandang ketika sayuran para petani penggarap sudah tumbuh.

Di beberapa titik, tanaman jeruk masih terlihat tumbuh subur namun dalam jumlah yang tak terlalu banyak.

Di sepanjang pinggiran kebun Ciasmay kini berdiri warung kopi tepat di Jalan Raya Sukanegara menuju Kadupandak.

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved