Puluhan Santri di Tasikmalaya Ikut Pelatihan Pertanian, Sarana untuk Lahirkan Santri Tani Milenial

BBPP Lembang menggelar pelatihan pemanfaatan alat mesin pertanian kepada puluhan santri di Kabupaten Tasikmalaya.

Puluhan Santri di Tasikmalaya Ikut Pelatihan Pertanian, Sarana untuk Lahirkan Santri Tani Milenial
Tribun Jabar/Isep Heri
Para santri tengah mengikuti kelas pengoperasian alat mesin pertanian bersama Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, di Ponpes Miftahul Huda, Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (24/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang menyelenggarakan pelatihan pemanfaatan alat mesin pertanian kepada puluhan santri di Kabupaten Tasikmalaya.

Pelatihan digelar selama tiga hari dari 24 sampai 26 Januari, di kompleks Pondok Pesantren Miftahul Huda, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya.

Peserta pelatihan sebanyak 60 santri berusia millenial dari 10 pondok pesantren agribisnis di Kabupaten Tasikmalaya.

Kabid Penyelenggaraan Pelatihan, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Ramadani Saputra, mengatakan pelatihan terhadap santri ini merupakan pertama kalinya.

"Ini merupakan sarana untuk melahirkan santri tani milenial yang digaungkan pemerintah tahun ini," kata Ramadani Saputra, saat ditemui Tribun Jabar, Kamis (24/1/2019).

Pemilihan Tasikmalaya sebagai tempat pertama untuk mengawali program pelatihan tani Milenial disebut Ramadani Saputra karena Tasikmalaya merupakan basis santri terbesar di Jawa Barat.

Para santri diberikan pemahaman mengenai pemanfaatan teknologi dalam pertanian, selain pertanian santri juga diberikan materi budi daya hewan ternak.

Melalui pelatihan ini para santri diberikan materi pengenalan, perawatan, serta pengoperasian alat mesin pertanian.

Ramadani Saputra berharap setelah latihan ini para santri bisa menerapkan teknik pertanian modern, salah satunya dengan mengoptimalkan teknologi.

"Sehingga usaha tani yang dijalankan santri tani milenial ke depan lebih optimal, efektif, efisien," katanya.

Setelah melakukan pelatihan kepada puluhan santri tani milenial di Tasikmalaya, BBPP akan melakukan sejumlah pelatihan di beberapa kota/kabupaten lain di Jabar dalam waktu dekat ini.

"Untuk menciptakan petani milenial ini setalah dari Tasikmalaya, kemungkinan ke Cianjur, Bogor, dan Cirebon, mungkin Februari," ucap Ramadani Saputra.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved