'Laut Nusantara' Tingkatkan Produktivitas Nelayan di Jabar

XL Axiata bekerja sama dengan Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), meluncurkan aplikasi Laut Nusantara.

'Laut Nusantara' Tingkatkan Produktivitas Nelayan di Jabar
Istimewa
Direktur BROL Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Dr. I Nyoman Radiarta M.Sc, Head of Sales area Indramayu XL Axiata, R Tommy Chandra Dirgantara, Kepala Dinas KKP Indramayu, Ir. H. Abdurrosyid Hakim pada Sosialisasi Laut Nusantara kepada 100 nelayan di PPI Karangsong, Indramayu, Selasa (22/1/2019). 

TRIBUNJABAR.ID- Menjawab kebutuhan para nelayan di Indonesia, XL Axiata bekerja sama dengan Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), meluncurkan aplikasi Laut Nusantara

Head of Sales area Indramayu XL Axiata, R Tommy Chandra Dirgantara, mengatakan aplikasi tersebut menyediakan berbagai fitur yang mempermudah nelayan saat melaut.

“Aplikasi Laut Nusantara yang beberapa waktu yang lalu diluncurkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti didukung basis informasi yang lengkap dan real time. Untuk sumber datanya, berasal dari BROL,” katanya di Indramayu, Selasa (22/1/2019). 

Data-data dari BROL itu dibuat up to date dan berdasarkan riset dan observasi laut di seluruh wilayah nusantara.

Semua informasi kelautan yang terdapat dalam aplikasi Laut Nusantara tersebut didapat secara langsung dari stasiun bumi BROL sehingga tidak diragukan keakuratannya. 

Banjir Bandang Menerjang Gowa Sulawesi Selatan, 7 Kecamatan Terendam

April, Boeing 777 dan Airbus A380 Sudah Bisa Mendarat di Bandara Kertajati

‘’Jadi XL Axiata menyiapkan teknologinya, kami yang menyiapkan isinya (data),’’ ujar Kepala BROL KKP, I Nyoman Radiarta,  di sela sosialisasi aplikasi Laut Nusantara di Desa Karangsong, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Selasa (22/1/2019).

I Nyoman Radiarta menyebutkan, berbagai fitur yang tersaji dalam aplikasi Laut Nusantara di antaranya adalah Daerah Penangkapan Ikan.

Fitur itu berisi sebaran ikan, potensi sebaran ikan, data cuaca seperti arah dan kecepatan angin, cuaca, tinggi gelombang pada koordinat tertentu, serta status di perairan seperti aman, waspada dan bahaya.

Nelayan di seluruh Indonesia bisa mengunduh aplikasi Laut Nusantara di Play Store secara gratis melalui smartphone Android dengan menggunakan operator layanan data.

Aplikasi ini bisa dipergunakan oleh nelayan saat melaut sejauh smartphone mereka masih bisa menangkap sinyal data dari operator. Berdasarkan ujicoba di sejumlah daerah, aplikasi masih bisa dibuka hingga jarak 10 mil dari pantai.

Jarak ini masih sangat relevan mengingat nelayan kecil, dengan perahu berjungkung dan bentuk perahu tradisional berukuran kecil lainnya memiliki daya jangkau rata-rata kurang dari 20 mil laut.

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved