AirAsia Tetap Gratiskan Biaya Bagasi untuk Rute Domestik, Belum Mau Ikuti Lion Air dan Citilink

AirAsia belum mau mengikuti jejak Lion Air, Wings Air, dan Citilink yang ingin menghapus layanan bagasi gratis.

AirAsia Tetap Gratiskan Biaya Bagasi untuk Rute Domestik, Belum Mau Ikuti Lion Air dan Citilink
TRIBUN JABAR/DARAJAT ARIANTO
Penumpang AirAsia bersiap berangkat dari Bandara Senai International, Johor Bahru, Malaysia menuju Bandara Husein Sastranegara, Bandung awal Desember 2013. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- AirAsia belum mau mengikuti jejak Lion Air, Wings Air, dan Citilink yang ingin menghapus layanan bagasi gratis.

Head of Corporate Secertary AirAsia Indonesia, Baskoro Adiwiyono, mengatakan AirAsia tetap menerapkan layanan bagasi gratis bagi para penumpang rute domestiknya.

"Sejauh ini kebijakan mengenai bagasi kami masih tetap sama, untuk penerbangan domestik harga tiket yang dibayarkan sudah termasuk bagasi tercatat gratis 15 kilogram," ujar Baskoro Adiwiyono kepada Kompas.com, Selasa (22/1/2019).

Baskoro Adiwiyono menambahkan, AirAsia juga memberikan keleluasaan kepada pelanggan jika ingin menaikkan kapasitas bagasinya sesuai kebutuhan.

"Kami juga memberikan keleluasaan kepada pelanggan jika ingin meng-upgrade kapasitas bagasinya sesuai kebutuhan, mulai dari 20, 25, 30, hingga 40 kg dengan tarif yang sesuai dengan kapasitas masing-masing," kataBaskoro Adiwiyono.

Untuk penerbangan rute internasional AirAsia tetap mengenakan bagasi berbayar bagi para pelanggannya.

Najwa Shihab Jadi Kandidat Moderator Debat Kedua Pilpres 2019, Bersaing dengan Tommy Tjokro

Citilink Ikuti Lion Air Hapus Layanan Bagasi Gratis? Begini Penjelasannya Saat Dikonfirmasi

Sebelumnya, mulai hari ini (Selasa, 22/1/2019), Lion Air dan Wings Air mulai memberlakukan tarif berbayar setelah dua minggu sosialisasi.

Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan baik dari segi personel maupun peralatan.

Lion Air dan Wings Air mencabut layanan bagasi cuma-cuma 20 kilogram. Para penumpang hanya digratiskan untuk membawa satu bagasi kabin seberat 7 kilogram dan satu barang pribadi.

Ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin adalah 40 cm x 30 cm x 20 cm. Jika melebihi ketentuan tersebut, para penumpang akan dikenai biaya tambahan.

Lion Air mengenakan tarif bagasi tambahan untuk bobot 5 kilogram (kg) sebesar Rp 155.000, 10 kg Rp 310.000, 15 kg Rp 465.000, 20 kg Rp 620.000, 25 kg Rp 755.000, dan 30 kg Rp 930.000. (Akhdi Martin Pratama)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Ikuti Lion Air dan Citilink, AirAsia Tetap Gratiskan Biaya Bagasi"

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved