PMI Ciamis Kekurangan Stok Golongan Darah B, Hari Ini Tersisa Dua Labu

Dalam dua minggu terakhir PMI Ciamis kekurangan darah golongan B. Hari ini sisa dua labu.

PMI Ciamis Kekurangan Stok Golongan Darah B, Hari Ini Tersisa Dua Labu
Tribun Jabar/Andri M Dani
Milad pertama Sagaluh FC, klub sepakbola yang para pemainnya terdiri dari mantan pemain PSGC Ciamis dari berbagai angkatan tersebut, diisi dengan aksi sosial donor darah di Stadium Futsal Sunda Mulya Kompleks Perkantoran Kertasari Ciamis, Kamis (17/1/2019) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Dalam dua minggu terakhir PMI Ciamis mengalami krisis darah golongan B menyusul banyaknya permintaan golongan darah tersebut.

“Sebenarnya hari ini ada stok golongan darah B sebanyak 11 labu, tapi sudah langsung dipesan sebanyak 9 labu. Jadi darah golongan B hanya tersisa 2 labu,” ujar Ahli Transfusi Darah pada UTD PMI Ciamis, H Tete, kepada Tribun Jabar pada kegiatan aksi donor darah Sagaluh FC di Stadium Futsal Sunda Mulya Ciamis, Kamis (17/1/2019) siang.

H Tete tidak mengerti kenapa selama dua minggu banyak permintaan darah golongan B sehingga stok darah golongan B jadi langka.

Padahal biasanya yang sulit dan langka itu adalah adalah golongan darah AB.

Dari sembilan kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan beberapa pihak dalam dua minggu terakhir, sampai Kamis (17/1/2019) stok darah yang tersedia di PMI Ciamis masing-masing darah golongan A (26 labu), golongan B (2 labu), golongan O (34 labu), dan golongan AB (19 labu).

“Belum termasuk hasil kegiatan hari ini (aksi sosial Galuh FC),” kata H Tete.

Sampai pukul 12.00 dari aksi social Galuh FC di Stadium Futsal Sunda Mulya Ciamis Kamis (17/1)  sudah terkumpul  48 labu darah, masing-masing darah golongan A (14 labu), golongan B (11 labu), golongan O (20 labu), dan darah golongan AB ( 3 labu).

Menurut H Tete, setiap bulannya PMI Ciamis membutuhkan paling tidak 800 labu darah, terutama untuk memenuhi kebutuhan rutin 168 penderita talasemia (setiap penderita talasemia 1 sampai 2 labuh darah perbulan), belum termasuk pasien cuci darah maupun pasien yang mengalami operasi besar dan operasi lainnya yang membutuhkan transfusi darah.

Penulis: Andri M Dani
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved