Warga Perum Rancaekek Permai 2 Keluhkan Jalan Rusak & Buruknya Drainase Selama Bertahun-tahun

Warga Perumahan Rancaekek Permai 2 mengeluhkan buruknya saluran drainase serta jalan rusak yang dirasakan oleh warga selama bertahun-tahun.

Warga Perum Rancaekek Permai 2 Keluhkan Jalan Rusak & Buruknya Drainase Selama Bertahun-tahun
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Warga Perumahan Rancaekek Permai 2 mengeluhkan buruknya saluran drainase serta jalan rusak yang dirasakan oleh warga selama bertahun-tahun. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warga Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, mengeluhkan buruknya saluran drainase serta jalan rusak yang dirasakan oleh warga selama bertahun-tahun.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, banjir setinggi 20 hingga 30 centimeter (cm), merendam sebagian jalan di Perumahan Rancaekek Permai 2, diduga berasal dari luapan Sungai Cikijing dan buruknya saluran drainase.

Tak hanya itu, akses jalan menuju lokasi perumahan dan beberapa jalan utama pun dalam kondisi rusak parah, memaksakan warga untuk pandai memilih jalan yang akan dilintasi.

Rahmat (45), warga Perumahan Rancaekek Permai 2 mengatakan, kondisi tersebut terjadi pada 2014 dan biasanya banjir akan surut dalam waktu paling cepat dua pekan.

"Kalau musim hujan saat ini tidak akan pernah surut, surutnya nanti kalau musim kemarau," kata Rahmat kepada Tribun Jabar di Perumahan Rancaekek Permai 2, Senin (14/1/2018).

Namun, berbeda dengan banjir di beberapa wilayah lain di Kecamatan Rancaekek, air banjir yang menggenangi sebagian jalan tersebut pun, dalam kondisi berwarna hitam pekat dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Gubernur Jabar Siapkan Anggaran Tidak Terduga Untuk Penanganan Bencana Angin Puting Beliung

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebutkan, bila pihak pengembang Perumahan Rancaekek Permai 2 dianggap belum maksimal terkait pembangunan, sehingga banyak luput dari perhatian.

"Danau resapan yang menjadi kewajiban pun tidak ada, kalau itu masalahnya saya akan panggil saya pengembang nya agar melaksanakan kewajibanya," katanya.

Selain itu, belum lama ini angin puting beliung terjadi di Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong.Jumat (11/1/2019) sore.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Tribun Jabar, angin puting beliung yang terasa oleh warga Perumahan Rancaekek Permai 2, terjadi pada pukul 15.30.

Akibat amukan angin puting beliung, atap dan asbes rumah milik warga terlihat berserakan baik di halaman rumah, jalan, dan lapangan terbuka.

Dari data BPBD Kabupaten Bandung sebelumnya, jumlah rumah yang mengalami kerusakan sebanyak 738 rumah, dari hasil pendataan ulang BPBD.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved