Rekayasa Arus Lalin di Jalan Terusan Jakarta - Jalan Golf Barat Arcamanik Bandung Mulai Diterapkan

Pemerintah Kota Bandung bekerjasama dengan Polrestabes Bandung mulai hari ini (14/1/2019) terapkan skema rekayasa jalan arus lalu lintas.

Rekayasa Arus Lalin di Jalan Terusan Jakarta - Jalan Golf Barat Arcamanik Bandung Mulai Diterapkan
Tribun Jabar/Cipta Permana
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berkoordinasi dengan Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema dan membantu proses pemasangan barrier dalam penerapan rekayasa jalan di Terusan Jalan Jakarta, Bandung. Senin (15/1/2019). Dalam kegiatan tersebut diikuti juga oleh Kepala Dishub Kota Bandung, Didi Ruswandi, Kepala DPU Kota Bandung, Arif Prasetya, dan Kasatpol PP, Kota Bandung, Dadang Iriana 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung bekerjasama dengan Polrestabes Bandung mulai hari ini (14/1/2019) terapkan skema rekayasa lalu lintas di beberapa persimpangan yang kerap menjadi masalah kemacetan di ruas kawasan Jalan Terusan Jakarta hingga Jalan Golf Barat Arcamanik Bandung.

Dalam penerapannya tampak sejumlah kanal pembatas (barrier) berwarna oranye berisi air, terpasang menutup beberapa akses yang sering di gunakan oleh para pengguna kendaraan, untuk menyebrang ataupun putar balik.

Seperti halnya barrier yang terpasang di ujung flyover Kiaracondong atau jembatan pelangi, hal ini membuat kendaraan yang terbiasa menyebrang dari arah Babakan Sari menuju arah Jalan Antapani, kini harus melanjutkan perjalannya ke Jalan Terusan Jakarta untuk memutar di Jalan Jendral Ahmad Yani.

Titik kedua yang dipasang barrier adalah di depan Jalan Atlas.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berkoordinasi dengan Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema dan membantu proses pemasangan barrier dalam penerapan rekayasa jalan di Terusan Jalan Jakarta, Bandung. Senin (15/1/2019). Dalam kegiatan tersebut diikuti juga oleh Kepala Dishub Kota Bandung, Didi Ruswandi, Kepala DPU Kota Bandung, Arif Prasetya, dan Kasatpol PP, Kota Bandung, Dadang Iriana.
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berkoordinasi dengan Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema dan membantu proses pemasangan barrier dalam penerapan rekayasa jalan di Terusan Jalan Jakarta, Bandung. Senin (15/1/2019). Dalam kegiatan tersebut diikuti juga oleh Kepala Dishub Kota Bandung, Didi Ruswandi, Kepala DPU Kota Bandung, Arif Prasetya, dan Kasatpol PP, Kota Bandung, Dadang Iriana. (Tribun Jabar/Cipta Permana)

Titik ini pun kerap dijadikan akses putar balik kendaraan dari arah Jalan Terusan Jakarta menuju Jalan Antapani, ataupun akses menyebrang dari arah Jalan Atlas.

Titik ketiga adalah persimpangan Jalan Terusan Jakarta - Jalan Sulaksana, tepatnya di seberang tugu pensil.

Titik berikutnya, yaitu persimpangan Jalan Terusan Jakarta - Jalan Purwakarta, dan titik terakhir berada di persimpangan Jalan Terusan Jakarta - Komplek Puri Dago.

Pekan Depan, Pemkot Bandung Terapkan Rekayasa Arus Lalin di Jalan Terusan Jakarta & Jalan Sukajadi

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana yang memimpin langsung agenda rekayasa jalan mengatakan, upaya ini sebagai alternatif mengurai tingkat kemacematan di kawasan tersebut, yang terlebih dahulu telah dilakukan kajian secara komperhensif antara Dinas Perhubungan Kota Bandung dan Polrestabes Bandung.

"Jadi sebelum diterapkan pada hari ini (rekayasa jalan) sudah dilakukan kajian oleh Dishub dan Polrestabes Bandung melalui sebuah aplikasi. Bahkan kemarin juga sudah dikaji bersama Dishub Jabar, Polda Jabar, Dinas PU, Satpol PP dan beberapa stakeholder lainnya," ujarnya di sela kegiatan rekayasa Jalan Terusan Jakarta. Senin (14/1/2019).

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved