Gubernur Jabar Siapkan Anggaran Tidak Terduga Untuk Penanganan Bencana Angin Puting Beliung

Untuk penanganan bencana angin puting beliung, kata Emil, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menyiapkan anggaran tidak terduga

Gubernur Jabar Siapkan Anggaran Tidak Terduga Untuk Penanganan Bencana Angin Puting Beliung
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendatangi Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, yang merupakan salah satu wilayah terparah akibat bencana angin puting beliung. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendatangi Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, yang merupakan salah satu wilayah terparah akibat bencana angin puting beliung.

Pada kunjungannya tersebut, Ridwan Kamil atau Emil meninjau rumah-rumah yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung, salah satunya di dua blok yakni, Blok B dan C, didampingi Wakil Bupati Bandung, Gun Gun Gunawan.

Emil mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengapresiasi kesigapan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung yang responsif dalam penanganan bencana.


"Kalau ada kurang-kurang provinsi BPBD provinsi siap membackup," kata Emil kepada wartawan di Perumahan Rancaekek Permai 2, Senin (14/1/2019).

Untuk penanganan bencana angin puting beliung, kata Emil, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menyiapkan anggaran tidak terduga, terutama untuk kebutuhan para pengungsi.

"Sedang dhimpun total rusaknya, memang ada anggaran tidak terduga, seperti kemarin di Bogor itu dimanfaatkan," katanya.

Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, merilis jumlah data rumah yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Sebanyak 57 Pasal Disesuaikan dalam Revisi Perda RTRW

Dari data BPBD Kabupaten Bandung sebelumnya, jumlah rumah yang mengalami kerusakan sebanyak 640, namun dari hasil pendataan BPBD jumlah rumah mencapai 738 rumah.

Tiga titik yang menjadi di Kecamatan Rancaekek yang terdampak amukan angin puting beliung, yakni Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong, Kampung Babakan Jawa, Desa Bojongloa, dan Kelurahan Rancaekek Kencana.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung, Akhmad Johara, mengatakan, jumlah kepala keluarga (KK) yang terdampak akibat angin puting beliung sebanyak 753 dan warga berjumlah 2.567.

Penuhi Panggilan Bawaslu, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Datang Pukul 6.00 WIB, Diperiksa Satu Jam

"Sebagian ada yang mengungsi, sebagian lagi masih bertahan dirumah mereka, karena alasan keamanan," kata Akhmad.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved