SOROT

Digital Disruption, Lapak Jual Diri Pun Pindah ke Online, Meski Mahal Pembelinya Banyak

Kehadiran internet juga mendisrup cara orang berbisnis. Orang-orang yang berniat berbisnis atau berdagang tak harus memikirkan lapak yang besar

Digital Disruption, Lapak Jual Diri Pun Pindah ke Online, Meski Mahal Pembelinya Banyak
dokumentasi
Kisdiantoro

Kisdiantoro, Wartawan Tribun Jabar

SEJAK era internet mulai menjaring semua manusia yang bermukim di bumi, muncul istilah disruption alias disruptive innovation.

Secara sempit disruption di dunia bisnis dapat dimaknai sebagai cara baru model bisnis dari era analog ke era digital melalui inovasi-inovasi digital dan menjadikan semua menjadi mudah dan efisien.

Secara umum, digital disruption ini juga mengubah perilaku atau cara hidup manusia dengan lingkungan.

Contoh sederhana adalah bagaimana orang kini berbelanja makanan, mereka tak perlu repot pergi ke warung dan menunggu tukang warung meracik makanan.

Orang yang melek internet cukup memesan melalui aplikasi yang akan menghubungkan pembeli dan penyedia makanan. Makanan akan sampai ke rumah melalui jasa pengantar.

Kehadiran internet juga mendisrup cara orang berbisnis. Orang-orang yang berniat berbisnis atau berdagang tak harus memikirkan lapak yang besar, berdisain unik dan mahal.

ACT dan Relawan Gabungan Bantu Korban Bencana Angin Puting Beliung di Rancaekek

Frets Butuan Muncul di Latihan Perdana Persib Bandung, Sebelum Bergabung Hempas Tawaran 4 Klub

Meskipun mereka tinggal di gang sempit, berdagang tetap bisa dilakukan. Caranya? Menggunakan lapak virtual, membuka lapak online, masuk ke sejumlah grup media sosial atau pertemanan di grup whatapp.

Toko-toko dalam bentuk fisik tetap berjalan tapi omzet bisa jadi berkurang karena bermunculan toko-toko online.
Digital disruption ini rupanya juga membuka peluang bagi orang-orang yang 'jualan' diri, baik ke lelaki hidung belang maupun wanita kegenitan.

Terungkapnya kasus prostitusi online yang melibatkan seratusan artis dan model itu adalah bukti betapa hebatnya era internet.

Halaman
12
Penulis: Kisdiantoro
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved