Warga Rancaekek Harap Perbaikan Rumah dari Pemerintah, BPBD: Itu Tanggung Jawab Pengembang

Akibat angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Rancaekek selama 15 menit, ratusan rumah dan beberapa bangunan fasilitas umum rusak

Warga Rancaekek Harap Perbaikan Rumah dari Pemerintah, BPBD: Itu Tanggung Jawab Pengembang
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Warga berusaha memperbaiki atap rumahnya yang rusak karena angin puting beliung di Rancaekek. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Warga Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, yang terdampak bencana angin puting beliung, Jumat (11/1/2019), mengharapkan bantuan perbaikan rumah dari pemerintah.

Akibat angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Rancaekek selama 15 menit, ratusan rumah dan beberapa bangunan fasilitas umum mengalami kerusakan, baik rusak ringan, rusak sedang, maupun rusak berat.

Warga Blok B Perumahan Rancaekek Permai 2, Jati Karsijati (63), mengatakan, akibat angin puting beliung tersebut, sebagian atap rumahnya tersebut mengalami kerusakan, sehingga sementara waktu tidak bisa ditempati.

"Kalau ditempati juga pasti itu bocor dan masih takut ada benda jatuh juga, jadi saya mengungsi di masjid," kata Jati saat ditemui di posko pengungsian Masjid Al Ikhlas, Perumahan Rancaekek Permai 2, Minggu (13/1/2019).

Untuk perbaikan, kata Jati, setidaknya ia membutuhkan sebanyak 30 lembar asbes dan puluhan potong kayu balok, kerugian akibat angin puting beliung mencapai belasan juta rupiah.

Update Dampak Angin Puting Beliung, 738 Rumah Rusak di Rancaekek

Hari Kedua Pascakejadian Angin Puting Beliung di Rancaekek Bandung, Bantuan Terus Berdatangan

"Berharap sekali adanya bantuan dari pemerintah, baru dapat makan saja," katanya.

Yanto (58), warga Perumahan Rancaekek Permai 2, lainnya, mengatakan, untuk beberapa hari kedepan, ia bersama keluarga mengungsi ke rumah sanak keluarga yang masih berada di Kabupaten Bandung.

Ia menambahkan, akibat angin puting beliung tersebut, bagian belakang rumah ambruk dan puing - puing berserakan hingga ke bagian ruang tengah.

"Tidak apa-apa tidak full diberi bantuannya, yang penting pemerintah perhatian," katanya.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Akhmad Johara, kerusakan yang ada di Perumahan Rancakek Permai 2, tidak mungkin dibantu oleh pemerintah karena itu adalah tanggung jawab pengembang.

"Tetapi kalau rumah di perkampungan, akan kami pertimbangkan," katanya.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved