Peringati Hari Sejuta Pohon Sedunia, Siswa SD dan SMP Muhammadiyah Bandung Bagikan Bibit Pohon

Hari Sejuta Pohon Sedunia yang jatuh pada 10 Januari 2019 lalu diperingati oleh sejumlah siswa dari SD Muhammadiyah 7 dan SMP Muhammadiyah 8 Bandung

Peringati Hari Sejuta Pohon Sedunia, Siswa SD dan SMP Muhammadiyah Bandung Bagikan Bibit Pohon
TRIBUN JABAR/CIPTA PERMANA
Sejumlah siswa SMP Muhammadiyah 8 Bandung membagikan bibit tanaman kepada para pengunjung kawasan CFD Dago, dalam rangka memperingati Hari Sejuta Pohon Sedunia, di Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Minggu (13/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Hari Sejuta Pohon Sedunia yang jatuh pada 10 Januari 2019 lalu, diperingati oleh sejumlah siswa dari SD Muhammadiyah 7 Bandung dan SMP Muhammadiyah 8 Bandung.

Ratusan siswa SD dan SMP itu menggelar pembagian lebih dari 500 bibit tanaman buah-buahan dan juga tanaman hias kepada masyarakat di kawasan Car Free Day (CFD) Dago, Jalan Ir Djuanda, Kota Bandung Minggu (13/1/2019).

Meski sebelumnya harus bersusah payah membawa beragam bibit tanaman dari rumahnya masing-masing ke CFD Dago pada pagi hari, mereka akhirnya merasakan kegembiraan tersendiri ketika kegiatan berlangsung.

Sebab selain dapat bertemu dengan teman-teman serta para pendidiknya di luar lingkungan sekolah, tetapi juga kegiatan ini memiliki nilai manfaat, yaitu menumbuhkan sikap berbagi dengan orang lain untuk bersama-sama dapat menjaga dan melestarikan lingkungan.

Athaya Naja Pratiwi (15) salah seorang siswa SMP Muhammadiyah 8 Bandung kelas 9, mengaku sangat senang dengan digelarnya kegiatan tersebut.

Menurutnya dengan cara membagikan satu bibit pohon kepada satu orang saja, memiliki arti telah mampu memberikan beragam manfaat bagi banyak orang, khususnya disekitar tumbuhnya tanaman tersebut.

"Jadi nanti pohon yang dibagiin ini kan ditanam terus dirawat sampai tumbuh besar, artinya bisa memberikan manfaat untuk orang lain, sama amal jariyah untuk yang memberikan sama yang menanamnya juga," ujarnya disela kegiatan berbagi bibit tanaman di CFD Dago.

Hal senada juga disampaikan oleh siswa SMP Muhammadiyah Bandung lainnya, Rafi Hasyidan (14) kelas 8, baginya melalui kegiatan berbagi bibit tanaman ini, sama halnya dengan membantu sesamanya untuk dapat memperloleh kesempatan kehidupan bagi orang banyak. Sebab menurutnya dari satu pohon dapat menghasilkan oksigen untuk 3-4 orang di sekitarnya.

"Biarpun cuma satu pohon (yang diberikan), tapi sama saja kita telah bisa membantu dan memberikan nafas kehidupan untuk 3-4 orang lain disekitar pohon itu. Soalnya setiap pohon kan bisa menghasilkan oksigen untuk dihirup sama makhluk hidup yang lain," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved